Yuhuu! Gaji ke-13 Tahun Ini Lebih Besar Dibanding Tahun Sebelumnya

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Berita Nasional, gemasulawesi – Yuhuu! Gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini akan lebih besar dibandingkan dengan dari tahun sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan gaji ke 13 tahun ini akan ditambahkan dengan tunjangan kinerja per bulan sebanyak 50 persen.

Hal itu dilakukan pemerintah seiring dengan penguatan pemulihan ekonomi. Karena pendapatan pemerintah telah membaik karena pemulihan ekonomi dan kenaikan harga komoditas. Dengan demikian, situasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berangsur pulih.

“Oleh karena itu, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022, Presiden memutuskan untuk membayar THR dan Gaji 13. Kemudian akan disesuaikan dengan situasi pemulihan ekonomi yang membaik dan juga kesehatan APBN,” ucap Sri Mulyani dalam siaran pers Gaji ke-13 pada Selasa, 28 Juni 2022.

Ani, begitu akrab disapa, menjelaskan bahwa untuk tahun ini gaji ke-13 akan dibayarkan kepada seluruh ASN serta pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk tahun 2022. Di mana gaji pokok atau pensiun ditambahkan ke tunjangan yang melekat. gaji atau pensiun (tunjangan keluarga, tunjangan makan) dan tunjangan struktural/fungsional umum).

Baca: Kawal Tahapan Pemilu, Bawaslu Touna Siapkan Meja Layanan Pemantau

Kemudian akan ditambahkan dengan tunjangan kinerja kerja sebesar 50 persen per bulan. Bonus 50 persen diterima bagi mereka yang mendapatkan bonus kinerja.

Ani berharap Gaji 13 dan THR bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Selain untuk meningkatkan daya beli masyarakat, terutama menjelang tahun ajaran baru.

“Meningkatkan daya beli masyarakat, terutama pada saat tahun ajaran baru. Dimana biaya anak didik biasanya ditanggung oleh orang tua,” jelasnya.

Dijelaskan, gaji ketiga belas tahun 2022 akan dibayarkan kepada aparatur negara pusat sebanyak 1,79 juta pegawai, kepada aparatur negara daerah sebanyak 3,63 juta pegawai dan 3,32 juta pensiunan. Sumber anggarannya adalah APBN 2022. (*/Ikh)

Baca: Kapal Pengangkut Wisatawan Tenggelam di Perairan TN Komodo

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.