fbpx

Wow, 10 Tempat Wisata Pandeglang yang Harus Kamu Kunjungi!

waktu baca 6 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Pandeglang adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Banten. Pandeglang layak untuk dikunjungi, karena wisata Pandeglang juga cukup banyak.

Jika dalam waktu dekat ini kamu akan bepergian ke Pandeglang, jangan lupa berkunjung ke beberapa destinasi wisata menarik berikut ini.

10 Tempat Wisata Pandeglang yang Harus Dikunjungi

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki luas wilayah 122.956 hektare dan 44.337 hektare yang terletak di kecamatan Sumur dan Cimanggu, kabupaten Pandeglang.    

Taman Nasional Ujung Kulon menghadirkan wisata alam bagi setiap pengunjungnya, karena para wisatawan bisa melihat berbagai satwa liar, mulai dari badak Jawa, rusa, babi hutan, hingga berbagai jenis burung.

Selain itu, kegiatan lain seperti berkemah, snorkeling, maupun bersampan juga bisa dilakukan oleh para wisatawan. Jadi ada banyak kegiatan yang bisa dipilih ketika berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon.

  1. Turalak Outbond and Adventure

Wisata Pandeglang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan, khususnya untuk kamu yang menyukai wisata alam adalah Turalak Outbound and Adventure.

Destinasi wisata yang satu ini terletak di desa Ramea, kecamatan Mandalawangi. Turalak Outbound and Adventure juga memiliki nama lain, yaitu wisata Curug Leuwi Bumi.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu pilih ketika sampai ke Turalak Outbound and Adventure, di antaranya menceburkan diri ke sungai, berenang, hingga body rafting. Jika hari libur tiba, Turalak Outbound and Adventure akan dikunjungi ratusan wisatawan.

  1. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung yang terletak di desa Tanjungjaya, kecamatan Panimbang merupakan wisata Pandeglang yang tepat untuk menghilangkan stres, karena ada banyak kegiatan yang bisa dipilih ketika berada di pantai tersebut, mulai dari jetski, snorkeling, banana boat, bersepeda, ATV, hingga golf.

Baca: 10 Tempat Wisata Jawa Barat ‘Reachable’ yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Disana!

Perlu diketahui, Pantai Tanjung Lesung termasuk kawasan prioritas pariwisata yang masuk ke dalam program 10 Bali Baru dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Dengan masuknya Tanjung Lesung ke dalam kawasan prioritas pariwisata, maka infrastrukturnya akan terus diperbaiki sehingga akan semakin mudah diakses oleh para wisatawan.

  1. Pulau Liwungan

Pulau Liwungan terletak di timur Pantai Tanjung Lesung, kurang lebih jarak tempuhnya sejauh 5 km. Jika ingin menuju ke Pulau Liwungan, kamu bisa menyewa kapal di dermaga Cipanon yang letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Lesung.

Ketika sudah sampai ke Pulau Liwungan, kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih serta rimbunnya pepohonan yang mengitari seluruh kawasan pulau.

Mengingat Pulau Liwungan tidak berpenghuni, kamu disarankan untuk membawa perbekalan sendiri karena minimnya pedagang yang ada di sana sehingga kebutuhan selama berwisata di Pulau Liwungan bisa tercukupi.

Baca: 25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

  1. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan berada di barat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dengan luas kurang lebih 17.000 hektare. Pulau Panaitan menghadirkan pemandangan alam yang indah bagi para pengunjungnya dan sangat cocok digunakan sebagai  tempat berselancar.

Selain menjadi tempat berselancar, Pulau Panaitan juga menjadi tempat yang tepat untuk kegiatan menyelam. Terumbu karang di Pulau Panaitan masih terawat dengan baik, sehingga kamu yang hobi melihat pemandangan bawah laut sangat disarankan datang ke wisata Pandeglang yang satu ini.

Perlu diketahui, Pulau Panaitan termasuk pulau yang asri, sehingga ketika kamu mengunjungi pulau tersebut, beberapa hewan liar akan bisa dijumpai dengan mudah, seperti kera ekor panjang, buaya, rusa, kadal, maupun berbagai jenis burung.

  1. Pulau Peucang

Pulau Peucang adalah salah satu pulau yang masih berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini merupakan pulau yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri.

Pulau Peucang memiliki luas kurang lebih 450 hektare yang dilengkapi dengan infrastruktur memadai untuk para pengunjungnya, mulai dari dermaga, hunian hingga restoran.

Ketika sudah sampai di Pulau Peucang, para wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan, di antaranya adalah tracking ke hutan, berenang, snorkeling, dan mengamati hewan yang ada di sekitar pulau, seperti rusa, babi hutan, hingga burung.

  1. Pulau Badul

Pulau Badul adalah salah satu wisata Pandeglang yang tidak boleh dilewatkan karena menjanjikan pemandangan yang indah kepada setiap para pengunjungnya ketika datang ke Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau Badul yang berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon menjanjikan pemandangan indah karena letaknya yang berada di tengah lautan dengan hamparan pasir putih yang siap memanjakan mata.

Ketika sudah sampai ke Pulau Badul, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, di antaranya snorkeling dan bermain sepak bola atau voli pantai. Perlu diketahui, di pulau Badul tidak ada pedagang sama sekali sehingga kamu harus menyiapkan perbekalan secukupnya ketika hendak ke pulau tersebut.

Baca: Pesona Tempat Wisata Jawa Tengah Mulai dari Alam Hingga Religi

  1. Cikoromoy

Cikoromoy merupakan wisata pemandian umum yang letaknya berada di desa Lebak, kecamatan Munjul, kabupaten Pandeglang. Cikoromoy menjadi salah satu wisata Pandeglang favorit bagi keluarga, karena aneka kuliner juga bisa ditemukan dengan mudah di sana.

Jadi apabila para wisatawan tidak masuk ke dalam pemandian, mereka bisa menikmati kuliner yang tersaji di warung-warung pinggir pemandian. Kalaupun para pengunjung ingin menikmati pemandian Cikoromoy, mereka juga bisa menyewa pelampung dengan mudah.

Adapun untuk tiket masuk, harga yang dibanderol untuk para pengunjung cukup terjangkau, yaitu di bawah Rp10 ribu. Pemandian Cikoromoy buka dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

  1. Pantai Carita

Wisata Pandeglang selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Carita. Pantai Carita adalah salah satu pantai terpopuler yang ada di provinsi Banten.

Pantai Carita menghadirkan pemandangan yang indah bagi setiap wisatawan yang hadir melalui hamparan pasir putihnya. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan juga ada banyak, di antaranya jetski, banana boat, snorkeling, dan diving.

Kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di Pantai Carita dengan menyantap kepiting saus pedas, gurame bakar, atau aneka makanan laut lainnya dengan bujet Rp100 ribu ke bawah.

  1. Curug Kembar

Wisata Curug Kembar ada di desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Jika kamu berkunjung ke Pandeglang, jangan lupa untuk mampir ke Curug Kembar, karena wisata alam yang satu ini begitu indah.

Air yang ada di Curug Kembar masih sangat bersih. Selain itu, infrastruktur yang disediakan juga cukup lengkap, di antaranya kamar mandi, warung makan, dan area parkir.

Disarankan mengunjungi Curug Kembar saat hujan sedang tidak turun, karena curah air tidak terlalu besar. Selain itu, hati-hati ketika berjalan di bebatuan agar tidak terpeleset.   

Harga Wisata yang Ditawarkan Murah Meriah Lho!

Dari 10 tempat wisata Pandeglang yang sudah disebutkan, semua destinasi wisata cukup terjangkau bagi para wisatawan. Jadi jangan takut untuk berwisata di daerah Pandeglang bersama keluarga tercinta.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata Pandeglang yang bisa disebutkan oleh redaksi Gema Sulawesi. Jika tertarik ke salah satu destinasi wisata Pandeglang yang sudah disebutkan, pastikan kamu senantiasa menjaga kebersihan tempat wisata yang dikunjungi agar tetap indah dan nyaman untuk semua orang. (*/Fan)

Baca: Diduga Edarkan Sabu, Empat Warga Tatanga Diamankan Kepolisian Palu

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.