fbpx

Pesona Tempat Wisata Jawa Tengah Mulai dari Alam Hingga Religi

waktu baca 6 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Banyak sekali wisata religi di jawa tengah yang bisa kamu kunjungi untuk menambah keimanan juga menjadi pilihan utama dalam berekreasi bersama keluarga. Ada beberapa wisata jawa tengah bertemakan religi yang wajib kamu kunjungi antara lain:

4 Tempat Wisata Religi Jawa Tengah

  1. Menara Kudus

Menara kudus adalah salah satu bangunan peninggalan dari sunan kudus atau Ja’far Shodiq. Menara kudus banyak dikunjungi masyarakat untuk berwisata religi. Bangunan menara ini terletak di kota kudus dan menjadi salah satu ikon kebanggaan dari warga kota kudus.

Bangunan menara kudus menjadi salah satu bukti peninggalan dari salah satu wali sembilan (wali 9) dalam proses penyebaran agama islam pada masa lampau yang berada di jawa tengah. Hingga saat ini bangunan menara masih berdiri kokoh dengan baik.

Menara kudus banyak dikunjungi masyarakat sekitar bahkan dari luar kota juga banyak yang berkunjung untuk sekedar berziarah dan mendoakan sunan kudus atau berwisata religi bersama keluarga dan teman-teman.

Apalagi kamu yang berwisata religi di wali sembilan sudah pasti Sunan Kudus masuk dalam kunjungan yang akan disinggahi. Banyak pernak-pernik dan juga makanan khas kudus yang ditawarkan untuk para pengunjung yang sedang berziarah untuk buah tangah kembali kerumah. 

  1. Sunan Muria

Selain menara Kudus, kota Kudus juga memiliki wisata religi yang tak kalah terkenal dan bersejarah dari menara Kudus. Sunan muria juga salah satu wali sembilan yang menyebarkan agama islam di Kota Kudus.

Bukti adanya penyebaran Islam yang dilakukan oleh sunan muria di Kota Kudus adanya tempat wisata religi yaitu masjid di atas bukit atau atas gunung.

Tempat ini juga ramai dikunjungi masyarakat untuk berwisata religi dan menjadi tempat yang wajib dikunjungi apabila kamu sedang berziarah di wali sembilan yang ada di daerah pulau jawa. 

Baca: Cara Diet Sehat Ala Selebritis, Ada yang Turun 24 kg!

  1. Masjid agung Semarang

Masjid agung Semarang salah satu wisata Jawa Tengah yang bertemakan religi menjadi kebanggaan dan dikenal banyak orang hingga diluar dari daerah semarang jawa tengah banyak orang yang berkunjung ke masjid agung semarang.

Selain untuk menjalankan sholat wajib masyarakat yang berkunjung juga menikmati bangunan masjid yang megah dan banyak dari mereka juga yang berswafoto disekitar bangunan masjid Agung Semarang.

Ketika kamu berkunjung ke Semarang tidak lengkap apabila kamu belum berkunjung ke masjid agungnya karena menjadi ikon di Kota Semarang dan juga bangunan yang hampir mirip dengan masjidil haram.  

  1. Candi borobudur

Selain banyaknya wisata religi untuk yang beragama islam, ada juga wisata yang terkenal dan menjadi kebanggan bagi orang-orang yang menganut agama budha. Tempat ini adalah candi Borobudur.

Bangunan candi Borobudur terletak di kota magelang dan menjadi bangunan kebanggan dari masyarakat magelang. Candi Borobudur ini masuk ke dalam situs warisan dunia dengan kemegahan dan juga keindahan pada bangunan candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah candi terbesar yang masih aktif digunakan untuk beribadah bagi masyarakat yang beragama budha. Bangunan candi Borobudur juga termasuk menjadi salah satu wisata jawa tengah yang wajib kamu kunjungi ketika berada di kota Magelang.

Baca: Melalui Program Baktiku, Kemenkominfo Bangun 50 BTS di Parigi Moutong

3 Tempat Wisata Bertemakan Alam

  1. Karimun Jawa

Jepara memiliki surga yang tersembunyi di pulau kecil Kota Jepara, yaitu Karimun Jawa. Karimun Jawa adalah wisata alam yang memiliki panorama yang luar biasa cantik dan juga asri masih terjaga.

Karimun Jawa dengan terbentangnya lautan luas yang dalamnya terdapat banyak spesies laut  yang cantik dan juga banyak ditumbuhi terumbu karang. Hal inilah yang menjadikan karimun jawa menjadi destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi.

Jika ingin sampai ke pulau Karimun Jawa kamu bisa menyeberangi laut dengan kapal yang telah disediakan. Ketika sampai di surga tersembunyi kota jepara kamu tak perlu khawatir untuk penginapan semua disediakan untuk para wisatawan.  

  1. Air terjun grojogan sewu.

Wisata alam menjadi salah satu menjadi penghilang penat karena dengan melihat keindahan alam yang mempesona. Salah satunya berkunjung ke air terjun grojogan sewu yang terletak di kota tawangmangu.

Melihat air mengalir dari ketinggian dan memberikan percikan yang menyegarkan tentu menjadi hal yang sangat menarik untuk kamu yang ingin merefresh pikiran. Grojogan sewu menjadi wisata alam yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi masyarakat.

Jadi kamu yang sedang berada di daerah tawangmangu wajib berkunjung ke wisata alam grojogan sewu dijamin pikiran akan terasa segar dan menikmati keindahan air terjun yang mengalir dari atas menuju permukaan.

  1. Dieng

Dieng menjadi wisata alam kebanggan dari wilayah Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi. Dieng adalah objek wisata yang terletak di dataran tinggi dan memberikan pemandangan yang indah dan juga asri.

Objek yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Dieng anta lain ada bukit sikunir, telaga warna dan juga sumur jalatunda. Dieng memiliki suhu yang sejuk jadi sangat nyaman ketika kita berkunjung ke sana.

Bahkan suhu di sekitar objek wisata dieng pernah mencapai suhu terendah hingga munculnya salju di beberapa titik objek wisata Dieng. Jadi untuk kamu bisa menjadikan dieng sebagai list wisata yang wajib dikunjungi.

Baca: 14 Daftar Tempat Wisata Semarang yang Sangat Wajib kamu Kunjungi

3 Wisata Jawa Tengah yang Bertemakan Kuliner

Serabi Solo

Siapa yang tidak mengenal serabi? Makanan manis yang berasal dari solo jawa tengah menjadi makanan yang wajib dinikmati ketika berkunjung di solo. Makanan dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta banyak varian rasa untuk saat ini.

Serabi solo bisa dijadikan sebagai wisata kuliner kebanggan dari kota solo jawa tengah, karena semua orang pasti menyukai makanan satu ini. Apalagi pembuatannya yang asli dari solo pasti mengandung rasa yang lebih nikmat.

Lumpia Semarang

Semarang menjadi jantung pada provinsi jawa tengah yang terdapat banyak wisata yang wajib dikunjungi salah satunya wisata kuliner dari kota Semarang yaitu lumpia.

Gorengan dengan berbagai isian sayuran ini menjadi makanan khas dari kota semarang yang wajib dibawa pulang dan dinikmati ketika berada di kota Semarang. Makanan ini juga sudah dikenal banyak masyarakat di Indonesia.

Nasi gandul Pati

Pati adalah salah satu kota kecil yang berada di jawa tengah yang memiliki banyak wisata salah satunya wisata kuliner yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke pati.

Kuliner kebanggaan dari warga pati yaitu nasi gandul dengan berbagai irisan daging kerbau dinikmati dikala hangat sangat enak. Kamu yang sedang berada dipati wajib berburu kuliner nasi gandul.

di atas adalah beberapa rekomendasi wisata jawa tengah yang wajib kalian kunjungi karena memiliki pesona yang menarik dan banyak cerita sejarah dibalik keindahan wisata yang disuguhkan. 

Untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata menarik lainnya. Kami Gema Sulawesi juga menyediakan tempat-tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi untuk wisata di Indonesia. (*/Fan)

Baca: 8 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.