fbpx

Wisata Dieng Wonosobo yang Mempesona Untuk Memanjakan Mata

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Telaga Warna. (Foto/Istimewa)

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Destinasi wisata di Dieng diketahui merupakan daerah dataran tinggi di Jawa Tengah yang masuk ke wilayah  Kabupaten Wonosobo. Tempat wisata dieng Wonosobo juga termasuk salah satu situs paling bersejarah dan paling terkenal karena pesona alamnya yang indah dan dikelilingi pegunungan hijau. Hamparan awan yang tebal juga menjadikan Dieng memiliki udara yang dingin dan segar.

Secara geografis tempat wisata Dieng terletak di dua wilayah perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Dengan ketinggian 2.093 m di atas permukaan laut, Dieng menjadi kawasan yang subur karena berdampingan dengan kawah vulkanik aktif dan juga gunung-gunung besar di Jawa Tengah seperti Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Pesona Alamnya yang Indah dan Nilai Sejarah Kuat

Potensi alam, budaya, sejarah, dan wilayah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi kawasan wisata Dieng. Karena dataran tinggi Dieng didominasi oleh alam yang rindang, perbukitan, pedesaan, dan pertanian terasering. Sehingga menyuguhkan pemandangan wisata alam yang indah dan pantas untuk dikunjungi.

Tak hanya kaya akan potensi wisatanya, masyarakat Dieng juga memiliki tradisi khas seperti ruwatan bagi anak yang memiliki rambut gimbal. Kegiatan ini bahkan sudah menjadi agenda rutinan dalam acara Dieng Culture Festival yang telah rutin diselenggarakan setiap tahunya, selama 9 tahun terakhir.

Oleh sebab itu wisata Dieng Wonosobo sering disebut sebagai wisata yang khas, karena memiliki keunikan dari segi masyarakat, nilai sejarah yang kuat, sumber daya pusaka, nilai religi, kondisi geografis yang khas, serta sosial budaya yang masih berlangsung sampai saat ini. Sehingga pantas disebut-sebut sebagai pusaka saujana.

Fakta Menarik Daerah Dataran Tinggi Wisata Dieng Wonosobo

Indonesia merupakan negara yang banyak dianugerahi keindahan alam yang sangat mempesona. Dieng adalah salah satu destinasi wisata alam Indonesia yang memiliki daya tarik khusus bagi  kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam di wilayah Dieng telah memikat banyak wisatawan untuk bisa mengunjunginya.

Namun tahukah kamu kenapa Dieng menjadi salah satu wisata alam yang sampai saat ini menjadi tempat favorit banyak wisatawan? Hal ini didasari oleh beberapa kelebihan wisata Dieng yang sangat krusial dan mendasar. Sehingga menjadikan lokasi wisata tersebut lebih terasa lengkap dari segala aspek maupun unsur.

Baca: 10 Tempat Wisata Jawa Barat ‘Reachable’ yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Disana!

  1. Memiliki Banyak Destinasi Wisata

Dataran tinggi Dieng merupakan kawasan wisata yang menyuguhkan banyak sekali jenis wisata alam, budaya, dan sejarah. Mulai dari telaga, kawah, candi, air terjun, dan pegunungan yang menyuguhkan panorama alam nan indah dan menyegarkan mata. Keanekaragaman destinasi wisata inilah yang menjadikan Dieng sebagai wisata alam terfavorit hingga saat ini.

  1. Lokasi Wisata yang Strategis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lokasi wisata dieng juga menarik dan strategis karena diapit oleh 2 gunung besar di Jawa Tengah, yang berada di wilayah 2 kabupaten berbeda. Dieng juga sudah menjadi tempat wisata yang telah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Bahkan jika dilirik lebih jauh wisata Dieng juga telah terkenal sejak pada jaman-jaman kerajaan Jawa kuno.

  1. Fasilitas Wisata yang Memadai

Perbaikan dan pengembangan fasilitas penunjang di wisata Dieng telah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat. Wajar jadinya jika fasilitas wisata di Dieng mulai tertata rapi dan keadaannya yang terawat dengan sangat baik. Hal ini tak luput karena Dieng merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat sekitar dan Indonesia tentunya.

6 Destinasi Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau merupakan situs bersejarah yang dikelilingi oleh hijaunya pegunungan serta hamparan awan di ketinggian tertentu. Yang menarik dari Dieng adalah suhu udaranya yang sangat dingin dengan berkisar antara 5 sampai dengan 10 derajat celcius di malam hari. Bahkan mencapai hitungan 0 derajat atau angka minus sekalipun.

Kondisi geografis yang seperti ini membuat Dieng memiliki segudang destinasi wisata populer dan wajib untuk kamu kunjungi. Mulai dari panorama alam, pegunungan, candi, air terjun, telaga, kawah aktif, dan masih banyak lagi. Berikut 7 destinasi wisata Dieng Wonosobo yang wajib dikunjungi.

Baca: 10 Wisata Jawa Timur yang Patut Dikunjungi

1. Telaga Warna

Telaga warna menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kalangan masyarakat karena keunikan fenomena alam yang dimilikinya. Bagaimana tidak? Warna air dari telaga kerap kali berubah warna akibat kandungan sulfur yang tinggi. Kondisi ini membuat Air di telaga tersebut akan berubah-ubah warna secara sendirinya mulai dari warna merah, hijau, kuning, dan warna-warna lainnya.

2. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan destinasi wisata pendakian yang paling populer di kawasan Dieng. Dengan ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Gunung Prau menawarkan keindahan pemandangan lanskap dari kedua gunung besar di Jawa Tengah yakni gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Bahkan panorama sunrise atau matahari terbit di gunung prau juga menjadi yang terbaik se-asia tenggara.

3. Bukit Sikunir

Hampir sama dengan gunung Prau yang sama-sama menyajikan panorama matahari terbit yang indah. Disini kamu akan melihat proses matahari terbit yang tampak malu-malu muncul dari hamparan awan tebal. Bukit Sikunir sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.300 mdpl dengan waktu tempuh sekitar 30 sampai dengan 45 menit.

4. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin juga merupakan salah satu ikon wisata Dieng Wonosobo dengan khas dua batu besar yang berdampingan. Lokasinya berdekatan dengan telaga warna, tepatnya di sebelah selatan telaga dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Walaupun cukup tinggi, namun destinasi ini menjadi tempat terbaik untuk memandang pesona alam Dieng.

Baca: Telaga Sarangan Wisata Favorit Indonesia

5. Kompleks Candi Arjuna

Beralih dari kawasan Dieng Wonosobo, Kompleks Candi Arjuna merupakan destinasi wisata di Kawasan dieng yang terkenal akan warisan budayanya. Walaupun sudah termasuk kawasan Dieng Banjarnegara, Kompleks Candi Arjuna juga pantas kamu kunjungi bersama rombongan wisata maupun study tour.

Selain lokasinya dekat dengan destinasi-destinasi wisata yang ada di Dieng Wonosobo, tempat ini juga menyimpan segudang ilmu sejarah yang pantas dipelajari oleh para siswa. Kompleks Candi Arjuna yang merupakan sisa-sisa peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno sejak abad ke-8 Masehi. Tepatnya pada masa-masa Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

6. Kawah Sikidang

Masih di kawasan Dieng Banjarnegara yang berdekatan dengan wisata Dieng Wonosobo, tentunya kamu juga bisa mengunjungi wisata alam langka berupa kawah api yang bernama Kawah Sikidang. Kawah Sikidang merupakan wisata alam geologi berupa kawah yang masih aktif hingga saat ini.

Kawah ini terbentuk dari sisa-sisa letusan gunung api purba di wilayah Dieng. Saat memasuki area kawah, kamu bisa menyaksikan secara langsung kawah aktif yang berbentuk lubang besar dengan kepulan asap yang tebal. Terdapat pula lumpur panas yang meletup-letup yang dapat dilihat dengan mata secara jelas.

itulah destinasi wisata Dieng Wonosobo dan banjarnegara yang wajib kamu kunjungi. karena destinasi wisata di kawasan Dieng tidak hanya menyuguhkan panorama alamnya yang indah saja. Tetapi juga menyuguhkan nilai-nilai budaya dan sejarah yang tinggi dan tetap dilestarikan sampai saat ini.

Nah untuk kamu yang ingin menemukan tempat menarik lainnya yang cocok untuk wisata sekaligus memanjakan mata. Kamu bisa melihat tulisan-tulisan kami lainnya yang menarik di laman berikut ini. (*/Fan)

Baca: Interpol Resmi Terbitkan Yellow Notice Orang Hilang Kepada Eril

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.