4 + Wisata Menarik di Lombok yang Wajib Dikunjungi

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Gili trawangan. (Foto/Istimewa)

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Wisata di Lombok menawarkan beragam jenis objek wisata yang unik dan menarik. Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan Nusa Tenggara dan terpisah oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur.

Jika kamu mengunjungi Bali atau Nusa Tenggara, rasanya ada yang kurang jika belum menyambangi wisata di Lombok. Wisata di Lombok menawarkan beragam objek wisata yang masih alami dan asri dengan keindahan alam yang memukau khas Indonesia. Selain keindahan alam yang cantik dan alami, kamu juga bisa menemukan aneka kuliner yang lezat untuk menemani liburanmu.

4 Rekomendasi Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Bagi kamu yang memiliki hobi plesir ke pantai, tentu sudah tidak asing dengan aneka wisata di Lombok yang menawarkan banyak pemandangan pantai. Beragam jenis pantai di Pulau Lombok sangat direkomendasikan untuk bersantai dan melepas penat.

Destinasi wisata di Lombok terkenal dengan keindahan alam yang berupa pantai, pulau, bukit, hingga air terjun. Selain menawarkan keindahan alam yang masih asri, Pulau Lombok juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi wisata di Lombok yang wajib dikunjungi untuk menemani liburanmu:

  1. Gili Trawangan

Salah satu destinasi wisata yang paling populer di Lombok adalah Gili Trawangan. Banyak artis dan publik figur yang menjajal wisata di Pulau Lombok ini. Bahkan saking terkenalnya, Gili Trawangan masuk dalam daftar objek wisata paling top dan paling diminati di Asia.

Gili Trawangan terletak di barat laut Lombok yang merupakan pulau terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili di Lombok bagian Barat. Trawangan merupakan satu-satunya gili dengan ketinggian di atas permukaan laut sepanjang 3 km dan lebar 2 km. Dengan jumlah populasi sekitar 800 jiwa, Trawangan menjadi destinasi wisata dengan fasilitas yang paling beragam.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan untuk mengeksplorasi Gili Trawangan seperti, snorkeling, transparan kayaking, diving, surfing, serta pesta di atas boat. Fasilitasnya yang lengkap memungkinkan para backpacker dan wisatawan premium untuk menjajal aktivitas seru.

Kombinasi apik antara garis pantai yang indah, pasir putih halus, dan perairan biru kehijauan akan memanjakan mata siapapun yang menyaksikan. Selain itu, aneka kuliner yang disajikan di banyak restoran menyajikan aneka makanan khas Indonesia dan dunia semakin menambah daya tarik Gili Trawangan.

Baca: Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Indonesia

  1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan destinasi wisata di Lombok yang juga sangat terkenal dan diminati oleh turis lokal dan mancanegara. Pantai ini dikelilingi oleh beberapa bukit dengan beberapa payung kayu dan rajutan Jerami sebagai atapnya. Salah satu cara menikmati pemandangan di pantai ini adalah dengan bersantai di bawah payung sambil meminum kelapa muda.

Selain itu, banyak restoran yang menawarkan aneka kuliner yang beragam dapat menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa memesan aneka menu masakan setempat sambil menikmati pemandangan Pantai Aan yang mempesona.

Pantai Aan terletak di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tepatnya terletak sekitar 75 km dari Kota mataram, sekitar 3 km dari Pantai Kuta Lombok. Daerah Mandalika belum lama diresmikan sebagai objek wisata cukup menarik di mata wisatawan lokal dan asing. Pantai ini merupakan primadona di Kawasan Mandalika dengan ciri khas laut biru kehijauan yang jernih, serta pasir putih dan lembut.

  1. Desa Wisata Sukarara

Selain keindahan alam yang mempesona seperti pantai dan bukit, wisata di Lombok juga menawarkan kebudayaan dan kearifan lokal seperti Desa Wisata Sukarara. Sukarara merupakan salah satu desa di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa wisata Sukarara dihuni oleh penduduk bersuku Sasak.

Desa Sukarara terletak sekitar 25 km dari kota Mataram atau 30 menit perjalanan, dan sekitar 5 menit dari kota Praya. Sebagai desa wisata, Desa Sukarara menawarkan keunikan berupa kerajinan kain tenun dan memiliki rumah tradisional khas suku Sasak.

Bagi kamu yang menyukai eksplorasi kebudayaan, Desa Wisata Sukarara sangat cocok menjadi destinasi wisata yang dituju. Kamu bisa mengamati dan belajar menenun dari para penduduk yang sebagian besar berprofesi sebagai penenun kain. Kegiatan menenun sudah menjadi tradisi yang mendarah daging di desa ini. Maka, jangan heran jika kamu menyaksikan banyak gadis dan ibu-ibu yang menenun di depan rumahnya. Justru inilah yang menjadi daya tarik dan keunikan Desa Wisata Sukarara.

Baca: 10 Tempat Wisata di Samarinda untuk Kamu Kunjungi

  1. Desa Sade (Desa Adat Suku Sasak)

Selain Desa Wisata Sukarara, salah satu wisata di Lombok yang tak kalah populer adalah Desa Sade, atau desa adat Suku Sasak. Sedikit memiliki kemiripan dengan Desa Sukarara, daerah ini juga menawarkan pemandangan sebuah desa yang masih asri dengan rumah-rumah yang terbuat dari kayu dan bilik bambu. Ketika mengunjungi Desa Sade, kamu akan merasakan sensasi kehidupan yang tradisional dan kental akan budaya.

Mayoritas penduduk warga Desa Sade bermatapencaharian sebagai petani, sedangkan para perempuan berdaya sebagai pengrajin tenun. Tak heran jika banyak dijumpai hasil tenun yang dipajang di depan rumah untuk dijual. Kearifan lokal di desa inilah yang kemudian menjadi destinasi wisata andalan di Pulau Lombok. Tak lengkap rasanya mengunjungi Pulau Lombok tanpa mampir ke Desa Sade.

Wisata di Pulau Itu Terus Dikembangkan untuk Menarik Wisatawan Mancanegara

Belakangan wisata di Lombok menjadi perhatian pemerintah pusat setelah disahkannya Kawasan wisata Mandalika. Apalagi ditambah dengan adanya pembangunan sirkuit Mandalika, menjadikan Pulau Lombok semakin menarik dan mengesankan. Adanya event MotoGp Mandalika menjadi sarana pemerintah untuk turut memperkenalkan destinasi wisata di Pulau Lombok yang sangat menawan.

Pulau Lombok disebut-sebut sebagai salah satu pulau tropis terbaik di Indonesia setelah Pulau Dewata, Bali. Sehingga tak heran jika pemerintah terus mengembangkan destinasi wisata di Lombok sebagai upaya untuk menarik turis asing. Keindahan alam dan kearifan lokal yang ditawarkan cukup untuk menarik para wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Pulau Lombok. Di masa depan, Pulau Lombok diharapkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan setelah Pulau Dewata, Bali yang sangat terkenal di mata internasional. Konon salah satu yang menjadikan para wisatawan mancanegara tertarik mengunjungi Pulau Lombok adalah karena suasanya yang adem, tenteram, sepi dengan kombinasi kuliner khas Indonesia yang beragam.

Adanya objek wisata yang beragam dengan dukungan yang masif dari pemerintah tentu menjadi angin segar bagi perekonomian di pulau tersebut. Bagi kamu yang mendambakan keindahan alam yang beragam terdiri dari bukit, pantai, hingga kearifan lokal, maka kami sangat merekomendasikan untuk mengunjungi wisata di Lombok di atas.  Selain memanjakan mata dan melepas penat, dengan mengunjungi wisata di Lombok, maka kamu turut berkontribusi dalam perekonomian di daerah tersebut. Sebab banyaknya pelancong dan wisatawan yang berkunjung semakin menambah pendapatan daerah. Maka, tunggu apa lagi? Sudahkah menjadikan Pulau Lombok sebagai salah satu wishlist mu? (*/Fan)

Baca: 10 Tempat Wisata di Samarinda untuk Kamu Kunjungi

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.