fbpx

10 Spot Wisata Bengkulu Paling Ngetren Saat Ini

waktu baca 6 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Pulau Sumatera memiliki Bengkulu sebagai penyimpan destinasi wisata yang berlimpah. Banyak turis diharapkan lebih mengeksplorasi wilayah ini, karena sejatinya ada banyak tujuan liburan di daerah Bengkulu yang benar-benar mempesona.

Apa saja tempat wisata Bengkulu yang benar-benar wajib untuk didatangi ketika sedang berada di Pulau Sumatera? Inilah keterangan selengkapnya, cusss!

10 Tempat Wisata Bengkulu Paling Ngetren

Bengkulu ada di Pulau Sumatera, dan di Bengkulu ada berbagai destinasi wisata yang sangat direkomendasikan. Ketika kamu pergi ke Sumatera, inilah berbagai tempat wisata Bengkulu paling ngetren yang perlu dikunjungi tanpa terkecuali.

Inilah daftarnya!

Baca: Tersangka Pembobolan Mesin ATM Habiskan Hasil Curian Beli Mobil

  1. Benteng Marlborough

Di Bengkulu, ada saksi sejarah perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah. Salah satunya yaitu Benteng Marlborough, yang merupakan benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini dinilai sebagai yang terbesar di area Asia, dan merupakan salah satu tempat wisata Bengkulu yang harus kamu kunjungi.

Benteng Marlborough didirikan oleh East India Company (EIC) pada tahun 1714-an, di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet. Benteng ini masih difungsikan hingga tahun 1945. Setelah tahun 1948, benteng dijadikan markas polisi dan TNI, lalu kini dijadikan cagar budaya setelah dipugar oleh Depdikbud.

  1. Pantai Panjang

Pantai Panjang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika pergi ke Bengkulu. Pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan, dan banyak mendapatkan visitor terutama pada high peak season. Pantai Panjang memiliki hamparan pasir putih yang cantik.

Selain itu, ada banyak tumbuhan pinus yang tumbuh di sekitar pantai tersebut, sehingga menambah cantik spot untuk berfoto. Datanglah ke lokasi pantai ini pada pagi hari atau sore hari, maka akan kamu rasakan sejuknya udara pantai yang ada di lokasi tersebut.

Baca: Korban Banjir Parigi Moutong 236 KK Butuh Pasokan Logistik Makanan

  1. Pulau Tikus

Banyak yang bilang jika Bengkulu memiliki hidden gem yang begitu mempesona. Hal ini benar adanya, karena di Bengkulu terletak Pulau Tikus yang merupakan salah satu berlian indah di daerah tersebut. Tempat yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena sangat asri.

Yang lebih menarik, Pulau Tikus adalah suatu area yang tak berpenghuni, dan memiliki mercusuar yang tingginya kurang lebih 40 meter. Pulau Tikus kini memiliki luas area sebesar 1 hektar, sebelumnya yaitu 2 hektar namun semakin menyempit karena efek dari abrasi.

  1. Pantai Laguna

Berikutnya, kami akan merekomendasikan kamu untuk mendatangi pantai berpasir putih lain yang terletak di Bengkulu. Pantai Laguna namanya, yang merupakan salah satu pantai dengan daya tarik tak terelakkan di kawasan Bengkulu.

Pantai Laguna terletak tidak jauh dari kota Bintuhan, dan merupakan objek wisata Bengkulu paling wajib dikunjungi oleh para turis. Pantai Laguna memiliki bentang alam yang begitu indah, dengan air laut berwarna hijau transparan yang menyenangkan mata.

  1. Pantai Pasir Putih

Selain kedua pantai di atas, di Bengkulu juga ada Pantai Pasir Putih, yang juga merupakan spot wisata tak terlupakan. Pantai Pasir Putih memiliki pasir putih yang menawan, sama seperti namanya. Dan menariknya, pantai ini masih termasuk dalam objek wisata Pantai Panjang.

Tiket masuk pantai ini gratis, sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin mendatangi area pantai terindah di Bengkulu ini. Ajaklah orang terdekatmu untuk datang ke tempat ini, dan siapkan kamera terbaikmu. Karena keindahan pantai ini akan sayang sekali apabila tidak ditangkap menggunakan kamera!

Baca: 25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

  1. Gunung Kaba

Area Bengkulu memiliki gunung berapi aktif yang seringkali juga dijadikan tempat wisata. Salah satunya yaitu Gunung Kaba, yaitu situs cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Situs yang satu ini juga menjadi tempat perlindungan bunga Rafflesia yang disebut juga dengan bunga bangkai.

Tinggi dari Gunung Kaba yaitu 1.938 meter di atas permukaan laut, dan sering dijadikan sarana pendakian oleh masyarakat. Ketika mendaki gunung ini, kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang cantik, walaupun gunung ini memiliki banyak jurang. Jangan khawatir, rute pendakiannya sudah terbukti aman, kok! Gunung Kaba ini cocok untuk dijadikan list wisata Bengkulu, lho saat kau bertandang kesana. 

  1. Museum Rumah Bung Karno

Perlu kamu tahu, di Bengkulu ada sebuah museum yang penuh nilai sejarah, lho. Nama museumnya yaitu Museum Rumah Bung Karno, yang terletak di daerah Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu. Museum yang satu ini menyimpan berbagai barang-barang peninggalan presiden pertama negara kita.

Museum ini ditata sedemikian rupa sehingga wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung, serta mampu memetik nilai-nilai edukatif dari berbagai peninggalan berbau historis yang dipajang. Berkunjung ke tempat ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka berwisata di tempat yang bernuansa sejarah.

  1. Suban Air Panas

Ingin berwisata di tempat pemandian air panas? Segera saja berkunjung ke Suban Air Panas di Bengkulu. Objek wisata yang satu ini memang sangat sejuk dan sangat pas dijadikan sarana mandi air panas. Walaupun menyimpan nilai mistis yang dipercayai oleh masyarakat sekitar, tempat yang satu ini tetap saja sangat direkomendasikan bagi para pendatang.

Suban Air Panas memiliki lingkup area semi natural, dan cukup indah untuk dijadikan latar belakang ketika berfoto bersama sahabat dan keluarga. Pemandian air panas ini menawarkan harga tiket masuk yang tak terlalu mahal, serta menyewakan berbagai kelengkapan untuk para turis yang datang.

Baca: Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Indonesia

  1. Air Terjun Batu Layang

Berikutnya, kami sangat merekomendasikan Air Terjun Batu Layang bagi kamu yang ingin berwisata ke tempat wisata Bengkulu terpopuler. Tempat wisata yang satu ini sangat wajib untuk dikunjungi karena memiliki keindahan bentang alam yang luar biasa.

Walaupun masih belum terlalu terjamah ataupun sepopuler tempat wisata lain, Air Terjun Batu Layang justru sangat menarik dengan segala keindahannya. Para pengunjung bisa berenang di area air terjun sambil menikmati sejuknya air pegunungan yang ada di sana.

  1. Pantai Muara Ketahun

Yang terakhir, kami sangat merekomendasikan kamu untuk datang ke Pantai Muara Ketahun, salah satu objek wisata Bengkulu utara yang begitu recommended. Pantai Muara Ketahun memang destinasi wisata yang indah, kamu disarankan pergi ke tempat ini ketika sore hari sambil menunggu waktu sunset tiba.

Pantai Muara Ketahun memiliki keindahan alam yang luar biasa, dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan mudah. Tiketnya pun gratis, kamu bisa berfoto dengan bebas di area pantai ini dengan latar belakang alam yang sangat cantik.

Yuk, Langsung Eksplorasi Tempat Wisatanya!

Kami telah memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata Bengkulu paling catchy, paling menarik, paling indah, dan paling tak terlupakan. Ketika berwisata ke area Bengkulu, Sumatera, jangan lupa untuk menyempatkan waktu datang ke berbagai tempat yang telah kami sebutkan di atas.

Yuk, cari tahu berbagai area wisata menarik lainnya di Indonesia hanya disini Gema Sulawesi. Dan kunjungi tempat-tempat wisata terbaik di negara kita mulai sekarang! (*/Fan)

Baca: 10 Tempat Wisata Jawa Barat ‘Reachable’ yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Disana!

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.