18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

waktu baca 11 menit

Sulawesi tenggara, gemasulawesi – Bagi kamu yang hendak ke Sulawesi Tenggara, tidak salah dan bahkan sangat tepat untuk mengunjungi wisata bahari di Sulawesi Tenggara. Siapa yang tidak suka dengan birunya lautan dan lembutnya warna pasir yang akan ditemui.

Berbicara mengenai bahari, tentu Indonesia juga merupakan negara kepulauan dengan banyak pantainya. Mata pencaharian para penduduk Indonesia banyak yang berasal dari menjadi seorang nelayan. Oleh karena itu, kita patut berbangga dengan hasil laut negara tercinta.

Banyak negara asing yang cemburu dengan kekayaan alam bawah laut Indonesia. Tidak hanya karena ikannya saja, tapi tentu dengan keindahannya yang juga sangat luar biasa, salah satunya di Sulawesi Tenggara.

Terdapat banyak sekali wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang bisa kamu kunjungi bersama orang-orang tersayang untuk menikmati keajaiban serta ciptaan Tuhan yang indah ini.

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dikunjungi

Indonesia bagian timur memang sudah tidak diragukan lagi dengan keindahan lautnya, terutama bawah lautnya yang luar biasa masih asri dan terjaga. Tentu saja kamu jangan melewatkan provinsi terbaik Indonesia ini sebagai tujuan destinasi liburan.

Berbicara mengenai wisata bahari tentu tidak akan ada habisnya karena akan ada sangat banyak cara untuk menikmatinya. Kamu bisa melakukan diving, snorkeling, berenang santai, bahkan hanya duduk di tepian saja sudah sangat menyenangkan.

Untuk berwisata tentunya kamu tidak cukup hanya melihatnya saja, namun juga merasakannya. Inilah Indonesia, bagian dari surga itu terletak di Sulawesi Tenggara dan kamu tentu harus bisa menikmati dan merasakan bagaimana asyiknya berwisata Bahari.

Sudah adakah wisata bahari Sulawesi Tenggara yang menjadi tujuan destinasi kamu? Atau kamu masih bingung dan mencari lebih banyak referensi?

Berikut 18 wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang wajib kamu kunjungi:

  1. Pantai Nambo

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Sudah pernah mendengar nama pulau ini? Tentu jika kamu mencari tahu pulau-pulau terindah di Sulawesi Selatan, pantai ini akan muncul. Nambo sendiri memiliki arti makna bagus, jadi makna pantai ini adalah pantai yang bagus.

Dulunya pantai ini merupakan kawasan hutan bakau yang cocok sekali dijadikan tempat untuk merefresh pikiran. Memiliki hamparan pasir berwarna putih seluas 300 meter, pantai ini mempunyai warna gradasi yang menarik pada lautnya.

Air laut di sana memiliki campuran warna yakni biru dan hijau dengan ombak yang tenang. Jadi tidak perlu takut jika ingin berenang di salah satu wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini.

  1. Pantai Labuana

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Kamu suka pantai dengan ombak yang tenang? Pantai Labuana ini adalah pilihan yang tepat. Beberapa dari kamu yang ingin berenang santai dan menikmati suara ombak lembut tentu akan sangat jatuh cinta denga pantai Labuana.

Pantai Labuana juga memiliki batu-batu kapur besar di pinggiran bibir pantainya. Ditambah dengan adanya dermaga kayu yang membentang dari lepas pantai sepanjang 50 meter, pasir yang berwarna putih serta air yang berwarna hijau kebiruan.

Dengan keindahan seperti itu siapa yang tidak akan terpanah dan kemudian betah berlama-lama. Terdapat juga spot foto yang menarik untuk mengisi feed sosial media milik kamu agar terlihat estetik di pantai ini.

  1. Pantai Sagori

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara selanjutnya yaitu pantai sagori. Tidak hanya menyimpan keindahan saja, pantai ini juga menyimpan sejarah dimana berkaitan dengan penjajahan zaman Belanda di Indonesia dahulu.

Karena kisah sejarah tersebut, Pulau Sagori menjadi salah satu tempat wisata paling populer dan kerap diincar oleh para pelancong dari luar daerah maupun negeri.

Keindahan alam bawah lautnya yang sangat memukau membuat para pengunjung bisa mengeksplorasinya dengan leluasa. Namun hal semacam ini hanya bisa dilakukan dengan dampingan seorang pemandu pantai.

  1. Pantai Taduno

Pantai Taduno, pantai tersembunyi bagaikan harta Karun yang ada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Sudah tidak lagi menjadi hal yang tabu bahwa Sulawesi adalah surganya pantai-pantai yang indah dan memanjakan mata.

Pantai Taduno memiliki pasir yang berwarna putih indah yang berasal dari pecahan alami cangkang kerang biota laut dan juga terumbu karang. Kamu juga bisa menikmati sunset dan ekosistem burung yang ada di sekitar pantai ini karena ada pohon bakau yang masih terjaga.

  1. Pantai Lanbengki

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini menjadi titik point untuk melihat sunset terbaik di provinsi Sulawesi. Apa kamu tertarik? Apalagi sih hal terindah yang bisa kamu lihat di alam kecuali melihat keindahan sunset dan pantai yang mempesona?

Terletak di kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara siapa yang tidak tahu dengan pantai indah ini. Pasirnya yang putih bersih luar biasa ditambah dengan air lautnya yang biru kehijauan bening sehingga kamu bisa juga bisa melihat keajaiban alam bawah lautnya yang mempesona.

  1. Pantai Batu Atas

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Kamu yang suka snorkeling akan sangat jatuh cinta dengan pantai ini pastinya. Tidak kalah dengan pantai yang lain, pantai batu atas merupakan salah satu pantai dengan spot bawah lautnya yang terbaik dan didukung dengan jernihnya air.

Jika kamu sedang beruntung, kamu bisa melihat gerombolan lumba-lumba lucu juga loh. Topografinya yang unik dan khas menghasilkan banyak kejutan yang tak diduga.

Bagi kamu pecinta dunia penyelaman atau fotografi laut, disinilah kesempatan untuk memuaskan rasa hausmu. Setelah sampai, segera siapkan alat-alat menyelam untuk memulai menikmati jelajah di bawah laut ini.

  1. Pantai Toronipa

Pantai ini sering disebut dengan surganya pesisir pantai karena keindahannya dan juga selalu menjadi tujuan banyak wisatawan yang ada baik dari Sulawesi tenggara sendiri, luar kota bahkan juga luar negri. Beberapa orang menyukai pantai ini karena merasa memiliki fasilitas umum yang aman.

Sepanjang perjalanan ke wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini akan melewati pesisir pantai yang memanjakan mata. Tentu saja hal ini akan menjadi nilai plus bagi pengunjungnya.

Pasirnya yang putih dan udaranya yang sejuk nan asri membuat siapa saja yang ke pantai ini pasti akan betah berlama-lama.

  1. Pantai Kamali

Terletak di jantung kota Baubau membuat pantai Kamali adalah ikon utama dari kota Baubau. Ketika seseorang tau kota Baubau maka pantai Kamali lah adalah salah satu tujuan wisata yang akan di kunjungi di tambah dengan adanya patung naga di tengah pantai Kamali yang merupakan lambang ikon kota Baubau.

Kamu bisa bersantai menikmati keindahan pantai wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini dari pagi hingga malam dengan ditemani makanan khas Sulawesi. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, jadi kamu tidak perlu khawatir akan mengalami kelaparan bahkan di malam hari.

  1. Pantai Walengkabola

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai dengan pasir berwarna putih lembut dengan tambahan warna air lautnya yang berwarna biru membuat kamu pasti akan jatuh cinta dengan pantai ini. Pantai ini memiliki permukaan yang landai jadi kamu bisa melakukan aktivitas seperti bermain pasir, berenang santai dan lain-lain.

Pantai Walengkabola merupakan salah satu jalur kapal yang menyeberang dari Kota Bau-bau menuju Kota Raha. Pemandangan Pantai Walengkabola disela berlayar menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melewatinya.

  1. Pulau Hari

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara berikutnya adalah pulau hari. Jika kamu ke pulau ini, kamu akan mendapatkan kepuasan yang super duper lengkap. Berada di tengah pulau akan membuat kamu semakin merasakan keindahannya.

Kamu bisa melakukan diving, snorkeling dan juga bermain speed boat dengan ditemani air yang jernih serta pasir yang putih bersih ini. Disana juga terdapat bangunan rumah adat warna coklat yang berdiri kokoh di tepi pantai.

Rumah ini bisa dijadikan area singgah atau tempat berfoto bagi para wisatawan. Untuk menjelajah keseluruhan Pulau Hari setidaknya kalian membutuhkan waktu satu hari. Sebagian wilayah pulau masih didominasi oleh pepohonan dan karang.

  1. Pulau Pasoso

Pulau Pasoso sudah cukup banyak diekspos oleh beberapa media karena keindahannya. Pulau ini termasuk ke dalam kawasan konservasi laut yang masih sangat terjaga kelestariannya. Yang lebih spesialnya lagi, pulau ini juga merupakan tempat penangkaran penyu.

Penyu-penyu langka yang di lindungi negara ada di pulau ini. Selain menikmati pesona pantainya yang luar biasa indahnya, kamu juga bisa ikut melepas penyu untuk berenang bebas ke pantai lepas dengan bahagia. Tentu ini akan menjadi pengalaman terbaik d hidup kamu.

  1. Pantai Seget Sojol

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang kesepuluh yaitu pantai Seget Sojol. Jika kamu suka pantai yang tidak ramai pengunjung namun indah, pantai ini adalah pilihannya. Ketika kamu masuk ke pantai Seget Sojol, kamu akan merasa seperti sedang menikmati alam secara private.

Kepercayaan masyarakat sekitar mengenai pantai ini adalah batu sojol. Batu sojol dipercaya merupakan batu akik. Setiap daerah pasti memiliki kepercayaan unik. Tertarik ke pantai Seget Sojol?

  1. Pulau Bokori

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Memiliki letak yang tidak jauh dari Kota Kendari, wisata bahari di Sulawesi Tenggara satu ini cukup menarik juga untuk dikunjungi para wisatawan. Pulau Bokori merupakan sebuah pulau yang indah dan nyaman untuk kamu datangi bersama keluarga, pasangan maupun teman.

Kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 30 menit dari kota untuk kesana dengan menggunakan motor dan 4 jam perjalanan jika menggunakan mobil.

Pemandangan pantai yang indah dengan hamparan pasir putih luas akan membuat siapa saja yang datang merasa betah berlama-lama disana. Suasana pantai yang tenang membuat para pengunjungnya seakan terhipnotis.

Di Pulau Bokori juga terdapat jembatan yang penghubung antara gazebo satu dengan lainnya yang berada diantara banyaknya rerimbunan pohon mangrove.

  1. Danau Biru

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Danau biru memiliki diameter kurang lebih 164 meter dan air yang lumayan dingin dengan kedalaman sampai 7 meter. Untuk sampai di sini, para wisatawan memerlukan waktu sekiranya 5 jam dengan melewati 3 kabupaten dari kota Kendari.

Tidak sampai disitu saja, sesampainya di Danau Biru, kamu akan disambut dengan penampakan danau dengan air yang sangat bening, bahkan sebening kaca.

Airnya yang dingin ternyata bisa memberi sensasi tersendiri saat berenang atau berendam. Kamu juga bisa mencoba lompat dari ketinggian 7 meter pada sisi kanan danau untuk membuat pengalaman liburanmu semakin asik.

  1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana juga tidak kalah kece sebagai wisata bahari Sulawesi Tenggara. Memiliki hamparan pasir berwarna putih, Pantai Nirwana memiliki tiga kombinasi warna yang cantik, yaitu biru muda, putih, serta biru kehijauan.

Akses menuju pantai ini ternyata juga sangat mudah. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota Bau-Bau. Ombak pada Pantai Nirwana pun tampak begitu tenang dan tidak ada karang yang besar sehingga aman dijadikan sebagai spot untuk berenang atau snorkeling.

Keindahan pemandangan di permukaan lautnya senada dengan kecantikan di bawah lautnya. Dengan melakukan snorkeling atau diving, kamu bisa menyaksikan bagaimana pemandangan terumbu karang yang tersaji di pantai ini.

  1. Wakatobi

Ini dia salah satu wisata bahari Sulawesi Tenggara yang paling populer, Wakatobi. Tahu tidak jika Wakatobi merupakan akronim dari empat pulau? Pulau tersebut yakni Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, serta Binongko. Terpilih menjadi “Top Ten Destinasi Wisata Indonesia”, keindahan empat pulau ini tidak perlu diragukan lagi.

Bukan hanya itu saja lho, Wakatobi juga telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Indonesia serta cagar alam di dunia untuk biosfer oleh UNESCO. Jika kamu bertanya-tanya kapan waktu yang pas untuk berkunjung dan menikmati keindahan pantai Wakatobi, jawabannya ada pada 4 bulan.

Kawasan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada bulan April hingga Mei dan September hingga November. Jika kesini, jangan hanya menetap di satu pulau saja ya.

Jangan mudah puas dengan keindahan Wakatobi hanya dengan berkunjung ke satu pulau saja. Pulau-pulau di sana benar-benar sangat eksotis dan sayang banget untuk dilewatkan. Salah satu pulau yang cukup favorit adalah Pulau Hoga.

  1. Pantai Huntete

Pantai yang terletak di Pulau Tomia ini memang kerap dijadikan tujuan wisata bahari Sulawesi Tenggara paling favorit oleh para pelancong. Hal ini lantaran pantai huntete memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan juga banyak pepohonan kelapa yang menyapa di sepanjang pantai.

Meskipun merupakan pantai terpanjang di Pulau Tomia, kalian tidak akan capek menyusurinya karena disajikan pemandangan indah. Kombinasi dari pantulan sinar matahari di atas air laut menjadikan suasana semakin memukau dan terkesan romantis.

Menjadi lokasi target para penyelam, sejumlah titik penyelaman sudah tersebar di pantai ini. Salah satu kelebihan Pantai Huntete yakni terletak pada keindahan air lautnya. Tidak hanya itu, pantai ini juga menawarkan banyak hal indah lainnya.

Disini Kamu bahkan bisa berjalan di pantai dan menikmati pemandangan laut dengan cukup nyaman tanpa alas kaki. Air laut yang jernih dan tenang berhasil memikat para pengunjung untuk segera berenang atau melakukan aktivitas lainnya. Untuk kalian yang tidak suka berenang, kegiatan sederhana seperti berjalan kaki di pantai sudah cukup untuk menyenangkan hati.

  1. Pantai Katembe

Ketika bertandang ke Pantai Katembe, kamu akan menjumpai hamparan pasir putih dan juga lautan yang membiru. Hamparan pasir putih ini membentang dari jalan masuk hingga bibir pantai.

Karena pasir putih inilah, banyak pengunjung yang datang memanfaatkannya sebagai sarana tempat olahraga seperti voli pantai ataupun sepak bola.

Tak hanya terkenal perkara pasir saja, disana juga terdapat sumur yang berisikan air tawar dengan jarak 30 meter dari bibir pantai yang membuatnya sebagai daya tarik tersendiri. Sumur tersebut kerap digunakan oleh warga untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan juga untuk membilas tubuh bagi para wisatawan setelah berenang.

Berwisata di negara sendiri tentu sangat menyenangkan terutama di provinsi Sulawesi Tenggara. Terdapat beberapa wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang bisa kamu kunjungi untuk membuktikan bahwa keindahan Bahari Indonesia adalah yang terbaik. Selamat berwisata! (*/Fan)

Baca: Rekomendasi Tempat Makan di palu Untuk Wisatawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.