WHO Sebut Penyebaran Virus Corona Tidak Melalui Udara

WHO Sebut Penyebaran Virus Corona Tidak Melalui Udara Sulawesi Tengah
Foto Screenshot Halaman Instagram Resmi WHO

Sulawesi Tengah, Gemasulawesi.com- Organisasi World Health Organization (WHO) melalui akun Instagram resminya sebut penyebaran virus corona tidak lewat udara.

Organisasi tersebut secara tegas membantah penyebaran virus corona via airborne atau udara, sehubungan dengan beredarnya isu dikalangan masyarakat terkait kemampuan virus corona bertahan 8 jam di udara.

Read More

Menurut WHO, virus corona bisa menyebar melalui droplet atau percikan yang keluar saat seseorang batuk, bersin atau berbicara.

WHO Menjelaskan, droplet terlalu berat untuk bertahan di udara, sehingga akan langsung jatuh ke lantai atau permukaan sesuatu.

Baca Juga: Update Virus Corona Sulawesi Tengah 30 Maret 2020, Satu PDP Meninggal Dunia

“Kamu bisa saja tertular langsung jika berada dalam rentang jarak 1 meter, dari penderita corona,” kata WHO, dikutip dari Instagram resminya Senin 30 Maret 2020.

Percikan droplet pada permukaan juga bisa menjadi wadah penyebaran virus corona, sehingga orang yang menyentuh permukaan dan lupa mencuci tangannya berpotensi tertulari. Potensi tertulari semakin tinggi jika tanpa sadar orang tersebut menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan.

Organisasi World Health Organization mengingatkan, waspada dari penyebaran virus dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dari penderita positif corona.

Selain itu, mendisinfeksi permukaan-permukaan benda yang sering disentuh harus dipastikan secara rutin dilakukan.

Baca Juga: Data Website Pemerintah Covid19.go.id, Positif Corona Terkonfirmasi Tiga Kasus di Sulawesi Tengah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cek Fakta WHO: Virus Corona Tak Menular Lewat Udara”, https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/30/164500565/cek-fakta-who–virus-corona-tak-menular-lewat-udara.
Penulis : Virdita Rizki Ratriani
Editor : Virdita Rizki Ratriani

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.