fbpx

Waspadai Virus Cacar Monyet, Pemerintah Diminta Perketat Akses Masuk

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi Gambar)

Kesehatan, gemasulawesi – Waspadai virus cacar monyet yang telah merebak di sejumlah negara di eropa, anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo minta agar pemerintah meningkatkan kewaspadaan dengan cara perketat akses masuk ke Indonesia.

Rahmad Handoyo mengatakan, Khususnya dari daerah Afrika kita perlu ekstra ketat, perlu untuk kita telaah, dan juga kita harus mempelajarinya, kita perlu waspadai virus cacar monyet tersebut agar jangan sampai kecolongan.

Ia juga mengatakan, negara harus menjamin perlindungan warganya. Apalagi saat ini kita masih dalam masa pandemi.

“Saya rasa itu tidak ada masalah. Begitu kita meningkatkan kewaspadaan selama masa pandemi, dengan mengidentifikasi beberapa penyakit atau potensi penyakit menular yang berasal dari luar negeri, kewaspadaan kita perlu ditingkatkan,” jelasnya.

Baca: Manager Operasional CV. AJ Jadi Tersangka Penimbunan Minyak Goreng

Lebih lanjut, politisi dari partai PDIP tersebut juga mendorong pemerintah untuk terus berkoordinasi dengan WHO. Menurutnya, koordinasi ini penting untuk mengantisipasi dan bertukar data terkait penyakit tersebut.

Rahmad Handoyo juga menjelaskan, apa yang dilakukan pemerintah menurutnya sudah betul, termasuk juga agar mengimbau kepada masyarakat kita semua untuk kasus ini kita tidak perlu panik dan khawatir terlalu berlebihan, kita serahkan kepada pemerintah dalam rangka untuk panglima perang melawan segala hal penyakit khususnya penyakit menular.

“Kepada masyarakat untuk tetap menggencarkan hidup sehat. Protokol kesehatan harus menjadi bagian hidup dari masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya walaupun sekarang ini kita sedang berada diproses menjadi endemi, kita perlu bercermin dari kasus beberapa tahun terakhir penyakit yang muncul adalah penyakit menular.

“Mulai dari Covid19, lalu hepatitis, lalu informasi tentang virus cacar monyet, meskipun saat ini kita belum ada masuk dan tidak teridentifikasi ke Indonesia, tidak ada salahnya meningkatkan kesadaran melalui gerakan masyarakat hidup sehat,” ucapnya. (*)

Baca: Sekjen PAN Diperiksa Polisi Terkait Laporan Kuasa Hukum Ade Armando

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.