Rabu, April 21, 2021

BMKG: Waspadai Bibit Siklon Tropis di Sulawesi Tengah

Must read

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Peringatan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), waspadai bibit siklon tropis di Sulawesi Tengah dan beberapa wilayah Indonesia.

“Bibit siklon tropis ini dapat juga memicu terjadinya cuaca ekstrem,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto melalui keterangan tertulis, Sabtu 3 April 2021.

Ia mengatakan, bibit siklon di Sulawesi Tengah dan daerah Indonesia lainnya menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

Peringatan cuaca dari BMKG yaitu mengenai adanya dua bibit siklon tropis di Sulawesi Tengah (kategori 90S dan 99S).

Baca juga: BMKG: Waspadai Potensi Bencana Akhir Tahun

“Cuaca ekstrem berupa hujan lebat, sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan,” jelasnya.

Walaupun, diprakirakan bibit siklon tropis menjauhi wilayah di Sulawesi Tengah dan Indonesia umumnya.

Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tropis di Sulawesi Tengah dapat berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tengah 12 Januari 2021

“Wilayah lain berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan,” sebutnya.

Kemudian Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tengah 20 Januari 2021

Setelah adanya informasi prakiraan cuaca dari BMKG, maka masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem di Sulawesi Tengah dan Indonesia umumnya.

“Masyarakat diimbau mewaspadai hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat atau petir, angin kencang dan gelombang tinggi,” tuturnya.

Baca juga: Ini Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tengah 14 Januari 2021

Ia menegaskan, seluruh pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat juga diharapkan dapat mempersiapkan segala hal yang dianggap perlu mewaspadai bibit siklon tropis di Sulawesi Tengah.

Itu untuk mengantisipasi adanya dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan dan pohon tumbang.

Baca juga: Cuaca Sulawesi Tengah Terkini, Ini Peringatan Dini BMKG 23 Desember 2020

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -