Warga Purwosari Parigi Moutong Potong 11 Hewan Kurban

Warga Purwosari Parigi Moutong Potong 11 Hewan Kurban
Foto: Pemotongan hewan kurban di Purwosari, Parigi Moutong.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Warga Desa Purwosari, Kecamatan Torue, Sulawesi Tengah memotong 11 hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriah.

“Meski ditengah pandemi saat ini, warga kami masih antusias menjalankan ibadah kurban setiap tahunnya,” ungkap Ketua Panitia Kurban, Kusmawan, ditemui dikompleks Mesjid Nurul Iman Purwosari, Selasa 20 Juli 2021.

Hewan kurban itu merupakan sumbangsih dari Wanita Islam Al-Khairaat (WIA) sebanyak lima ekor sapi dan enam ekor sapi dari kelompok masyarakat.

Baca juga: Pemda Atur Pembagian Hewan Kurban Parigi Moutong ke Pondok Pesantren

Hasil pemotongan hewan kurban ini disalurkan ke 325 kepala keluarga di Desa Purwosari, serta 40 bungkus daging dibagikan ke desa tetangga. Dengan melibatkan 88 orang panitia serta 62 pengurus mesjid.

Kemudian, pemotongan kurban dilaksanakan di tempat steril dan tidak menimbulkan kerumunan dengan mematuhi protokol kesehatan serta menjaga jarak.

Dalam pembagian daging hewan kurban, panitia mendistribusikan langsung ke masing-masing warga berdasarkan data yang berada ditangan panitia.

“Alat-alat potong yang digunakan juga dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah. Kemudian dibagikan kepada warga,” jelasnya.

Pada tahun 2020 kemarin, warga Purwosari juga melakukan pemotongan hewan, dengan jumlah 11 ekor Sapi dan tiga ekor kambing.

Baca juga: Banjir Rendam Ratusan Hektar Sawah di Purwosari Sulawesi

Pemda atur pembagian kurban Parigi Moutong

Semangat berbagi pada moment Hari Raya Idul Adha ini juga diperlihatkan Pemda Parigi Moutong.

Pemda atur pembagian kurban Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, ke Pondok Pesantren di beberapa wilayah.

“Itu berdasarkan petunjuk Bupati,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Setda Parigi Moutong, Mahfuz.

Total jumlah kurban Parigi Moutong sebanyak 28 ekor. Terdiri dari 26 ekor sapi dan dua ekor kambing, dari sejumlah perangkat daerah.

Beberapa ekor sapi kurban Parigi Moutong tidak seluruhnya dikelola Bagian Kesramas. Namun, dibagikan ke Pondok Pasantren Nurul Amanah Dolago, Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai, Lisaanul Arab, Asmaul Alkhairat, dan Pasantren Modern Alkhairat di Siniu.

Kemudian, Pemda juga membagikan hewan kurban kepada masyarakat mualaf di Desa Gangga Kecamatan Parigi Selatan. Masing-masing satu ekor sapi, namun untuk Desa Gangga di berikan satu ekor kambing saja.

Selain pembagian kurban Parigi Moutong ke sejumlah pondok pesantren, beberapa perangkat daerah mengelolanya sendiri.

Baca juga: Pemda Atur Pembagian Hewan Kurban Parigi Moutong ke Pondok

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post