Warga Desa Sidoan Barat Demo DPRD Parigi Moutong

Tuntut Pengusutan Dugaan Kasus Korupsi

60
Warga Desa Sidoan Barat Demo DPRD Parigi Moutong
DPRD Parimo temui massa pendemo- Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong menemui sejumlah perwakilan warga Desa Sidoan Barat yang melakukan demontrasi di depan kantor DPRD, Kamis 30 Januari 2020. GemasulawesiFoto/MuhammadRafii.

Parigi moutong, gemasulawesi.comWarga Desa Sidoan Barat Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melakukan aksi demo di DPRD. Menuntut pengusutan dugaan korupsi Dana Desa yang dilakukan Kepala Desa.

“Kami menuntut penegakan hukum di Desa Sidoan Barat. Kepala Desa seharusnya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ungkap perwakilan warga Sidoan Barat, Taher usai menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Parigi Moutong, Kamis 30 Januari 2020.

Ia melanjutkan, Aparat Penegak Hukum (APH) dianggap sudah memiliki cukup bukti untuk menetapkan Kades Sidoan Barat sebagai tersangka. Apalagi, Inspektorat Daerah Parigi Moutong secara tegas menyatakan Pemdes tidak bisa mempertanggungjawabkan penggunaan Dana Desa Sidoan Barat Tahun 2018.

Hal itu masuk dalam sembilan hasil temuan Inspektorat daerah Parigi Moutong terkait masalah di Desa Sidoan Barat. Seperti yang diungkapkan dalam rapat hearing dengan DPRD beberapa waktu lalu. Begitu pula dengan hasil penyelidikan kepolisian yang sudah dianggap mencukupi dua unsur alat bukti untuk dinaikkan ketingkat penyidikan.

Berikutnya, pihaknya juga meminta Inspektorat daerah Parigi Moutong segera menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) penggunaan dana desa Sidoan Barat kepada APH. Guna mempermudah proses penyidikan.

“Kami juga meminta pemberhentian sementara Kades Sidoan Barat sebagai Kades guna mempermudah proses hukum APH,” tuturnya.

Selanjutnya tuntutan terakhir, meminta kepada Camat dan Bupati Parigi Moutong agar tidak mengintervensi secara langsung maupun tidak langsung kasus dugaan korupsi Desa Sidoan Barat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong, Faisan Badja yang menerima perwakilan warga pendemo Desa Sidoan Barat mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi terkait keluhan warga ke DPRD beberapa waktu lalu.

“Kami akan melakukan konsultasi secara kelembagaan kepada Pemda dan APH terkait aspirasi warga Desa Sidoan Barat. Karena itulah fungsi anggota perwakilan rakyat untuk menampung suara rakyat,” tegasnya.

Dalam waktu dekat kata dia, akan berkonsultasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPD). Mencari solusi bersama terkait masalah yang terjadi di Desa Sidoan Barat.

Ia juga menghimbau agar warga Desa Sidoan tetap menjaga kondisi dan stabilitas keamanan wilayah. Agar tidak mudah terprovokasi, karena aparat penegak hukum sedang melaksanakan penyelidikan terkait kasus ini.

“Kami mengapresiasi langkah warga yang ingin segera menyelesaikan masalah ini agar tidak berlarut. Sehingga tidak dapat menimbulkan keresahan di desa,” tutupnya.

Baca juga: FKS Kunjungi Peternak Sarang Burung Walet Parigi Moutong

Laporan: Muhammad Rafii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.