Viral Kiyai Tampar Sayang Anggota Banser

waktu baca 2 menit
Ket Foto: KH Syukron Makmun

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Tersebar video viral seorang kiyai menampar seorang anggota banser yang sekarang ramai di bahas oleh para netizen. Tak sedikit juga yang mengomentari, video tersebut secara sembarangan tanpa mengetahui kejadian pasti dan pesan utama yang di sampaikan dari video tersebut.

Dalam video tersebut, Syukri Rahmatullah, santri binaan kiai, menulis di akun Facebook-nya dan menjelaskan peristiwa dan interaksi tampar yang terjadi antara kiyai dengan salah seorang santri yang juga anggota Banser.

Baca: Ancaman Mensos Pindahkan ASN ke Papua, Tuai Sorotan

Syukri Rahmatullah mengatakan dia adalah alumnus Pesantren Daarul Rahman dan kiai  dalam video tersebut adalah kiai mereka yang bernama KH Syukron Makmun. Sedangkan pria  berjaket Banser adalah Dul Hamid yang merupakan muridnya. Syukri mengaku juga mengenal Dul Hamid, teman sekelasnya di pesantren. Saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Ansor Jati Karya Cabang Bekasi.

Ia menjelaskan, bahkan dalam acara tersebut kiyai menampar santrinya, ia juga hadir di acara tersebut yaitu acara Nuzulul Quran di Pondok Pesantren PBNU Daarul Rahman, Jagakarsa pada 22 April 2022.

Baca: Pro Kontra Lomba Karya Tulis Tema Hormat Bendera Menurut Islam

“Tradisi Daarul Rahman tidak banyak orang yang mengetahui kecuali keluarga dan juga alumni santri. Setiap kali santri atau alumni bertemu dan bersilaturahim dengan KH Syukron Makmun, tentu tidak lepas dari memohon restu dengan imbalan tamparan dari kiai.  Jadi mantan santri ditampar kiai.Sudah menjadi hal yang biasa,” tulis syukri dalam akun social medianya.

Ia melanjutkan, malam itu, tidak hanya Dul Hamid yang mendapat tamparan dari kiyai, namun puluhan bahkan yang lainnya rela menunggu sampai tengah malam untuk menerima tamparan berkah di depan rumah kiyai  Karena itu, ia menyayangkan  banyak pengguna internet yang salah mengartikan tamparan kiai yang bergurau: “kiyai tidak dijaga, gereja dijaga”.

“Jika Anda menontonnya dan tidak tahu tradisinya kiai/santri/alumni Pondok Pesantren Daarul Rahman, mudah setuju dengan cerita ini, terjadi,” kata Syukri Rahmatullah tentang acara dan video viral tersebut. (*)

Baca: DPR Sebut Kemenkeu Blokir Rp 500 Miliar Dana Bantuan Ponpes Madrasah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.