fbpx

Vaksinasi Covid-19 Dosis lengkap Jadi Syarat Utama Calon Jamaah Haji

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi Gambar)

Nasional, gemasulawesi – Vaksinasi Covid-19 dosis lengkap menjadi salah satu syarat utama dari Pemerintah Arab Saudi untuk memberangkatkan jamaah haji. terkait hal itu, pihaknya akan mempercepat vaksinasi terhadap calon jamaah haji yang belum mendapatkan vaksin tersebut.

Terkait hal itu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 dosis lengkap merupakan syarat utama Arab Saudi untuk memberangkat Jamaah Haji.

“Paling tidak calon jemaah sudah vaksin full dosis (2 dosis), untung-untungan kalau semua sudah melakukan vaksinasi booster. Bagi yang belum vaksin full dosis akan dibatalkan, tidak akan dikirim, sampai terdaftar telah memiliki vaksinasi lengkap,” ucap Muhadjir Effendy di keterangannya, Jumat 20 Mei 2022.

Baca: Pedagang Musiman Umbul-Umbul Keluhkan Omset Menurun Akibat Pandemi

Saat ini, pemerintah siap melayani calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci ke Makkah Tahun 2022.

Muhadjir Effendy Menko PMK mengatakan, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema kunjungan haji. Program tersebut meliputi protokol kesehatan penyelenggaraan haji di masa pandemi Covid-19.

“Memang ada juga yang belum divaksinasi, kemungkinan karena yang mendaftar sekitar 17.000 jemaah dan akan kita lengkapi bersama Menkes. Karena itu, kami buru-buru memvaksinasi calon jemaah dalam beberapa hari ini,” ucapnya.

Menurut data Kementerian Kesehatan, saat ini calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dengan dosis lengkap sekitar 76%. Selain vaksinasi, syarat dan ketentuan haji lainnya, akan disesuaikan dengan kondisi haji di Arab Saudi.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, kami sangat bergantung pada pemerintah Arab Saudi, mulai dari kuota, lalu prosedurnya, termasuk protokolnya. Jika protokol di dalam negeri nanti juga secara teknis juga akan disesuaikan dengan Pemerintah Arab Saudi. Kami benar-benar mengikuti kemauan pemerintah Arab Saudi.

Baca: Korban Banjir Parigi Moutong 236 KK Butuh Pasokan Logistik Makanan

Sejauh ini, Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan tiga syarat perjalanan haji yang harus dipenuhi. Ketiga syarat tersebut adalah minimal lengkap vaksinasi Covid19, PCR 72 jam sebelum keberangkatan dan usia maksimal yang dipersyaratkan kurang dari 65 tahun.

“Kemarin kami berbicara dengan Presiden tentang apakah mereka perlu melakukan PCR nanti, baik di sini atau di Arab Saudi, itu hanya masalah teknis implementasi. Sisanya sudah kami siapkan,” tutup Menko PMK. (*)

Baca: Kemenkes Sebut Tipis Kemungkinan Hepatitis Misterius Menjadi Pandemi

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.