Vaksinasi Booster di Parigi Moutong Target Usia 18 Tahun Keatas

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, Ikuti Vaksinasi Booster Lanjutan Senin (21/2/2022). (Foto/Istimewa)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi.com- Vaksinasi booster menyasar warga berusia 18 tahun keatas dengan prioritas kelompok Lanjut usia (Lansia) serta penderita imunokompromais, kegiatan vaksinasi itu sendiri digelar di Kantor Bupati Parigi Moutong, Senin, 21 Februari 2022.

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, ditemui di lokasi vaksinasi Booster mengatakan, dalam rangka penaggulangan pandemik covid-19 kebijakan vanksinasi adalah bentuk intervensi efektik memutuskan mata rantai penularannya.

“Vaksinasi dosis lanjutan adalah, salah satu upaya dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat dari penularan virus corona,” katanya.

Baca: Pemerintah Atur Cadangan Dana Vaksin Gratis Covid19 di RAPBN 2022

Dengan vaksinasi dosis lanjutan kata dia, diyakini akan meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat COVID-19 terus bermutasi dengan varian baru.

Badrun menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di Parigi Moutong sejak awal dicanangkan telah mulai berproses secara bertahap sejak awal tahun 2021.

“Waktu itu kita memulai dari tenaga kesehatan lanjut dengan masyarakat umum hingga ke siswa/siswi di sekolah-sekolah,” urainya.

Baca: Lonjakan Besar Kasus Covid-19 di Eropa Dapatkan Perhatian WHO

Harapannya kata dia, langkah ini bisa memberikan perlindungan menyeluruh terhadap seluruh masyarakat serta mempercepat tercapainya herd immunity sebagai target sejak dimulainya upaya vaksinasi oleh pemerintah.

Vaksinasi booster kata Badrun, adalah vaksinasi COVID-19 diberikan pada seseorang setelah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap. Tujuannya untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

“Untuk menerima vaksinasi booster, harus berusia 18 tahun keatas dan sudah divaksin tahap satu dan dua, kemudian, bagi bu hamil dan menyesuaikan hasil skrining dalam pelaksanaan vaksinasi,” tuturnya.

Baca: 40 Ribu Siswa Parigi Moutong Target Vaksinasi Lanjutan 2022

Memberikan pelayanan kesehatan terbaik, komprehensi, bermutu dan terjangkau bagi masyarakat termasuk pelayanan vaksinasi di masa pandemik adalah target Pemda Parigi Moutong.

Ia menghimbau, kepada seluruh masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksinasi untuk turu berpartisipasi mensosialisasikan pentingnya vaksinasi booster lanjutan dilakukan.

“Bantu kami pemerintah untuk bersosialisasi, karena vaksinasi ini penting dan untuk kebaikan kita bersama. Tidak benar itu vaksin ini dijadikan bisnis pemerintah,” pungkasnya. (wd/fan)

Baca: 12,3 Persen Akumulasi Vaksinasi covid-19 Sulawesi Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.