Ummi Kalsum: Ratusan Hektar Sawah Gagal Tanam Akibat Banjir di Parimo

  • Whatsapp
Ummi Kalsum: Akibat Banjir Sausu Parigi Moutong Parimo Sulawesi Tengah Sulteng , Warga Alami Kerugian Materil
Ummi Kalsum, Anleg DPRD Parimo Fraksi Nasdem.

Berita parigi moutong, gemasulawesi Anleg Fraksi Nasdem Parigi moutong (Parimo) tinjau ratusan hektar sawah warga di wilayah Sausu, yang gagal tanam akibat dihantam banjir akibat derasnya curah hujan.

Dampak banjir tahunan tersebut berakibat fatal bagi sektor perekonomian warga, Ummi Kalsum memperkirakan ratusan juta kerugian materil harus ditanggung warga di Parimo.

Bacaan Lainnya

“Kondisi warga sejak pandemi saja sudah sedemikian sulit, ditambah dengan banjir merendam sektor pertanian dan perkebunan warga tentu makin menyusahkan perekonomian,” ungkapnya prihatin, di DPRD Parimo, Senin 29 Juni 2020.

Lanjut Ummi Kalsum, terkait irigasi tanggul jebol di Parimo sudah coba dikomunikasikan dengan pihak Balai sungai dan sudah mendapatkan respon. Hanya saja kata dia, respon tersebut belum ditindak lanjuti dengan peninjauan oleh pihak Balai sungai.

“Saya harap responnya bisa lebih baik lagi, dengan melakukan peninjauan dan bisa secepatnya memberikan solusi. Karena irigasi itu menjadi salah satu penunjang utama pertanian sawah warga di wilayah sausu,” terangnya.

Terkait itu Anleg fraksi Nasdem, Ummi Kalsum sebut normalisasi sungai sausu sebagai solusi antisipasi banjir tahunan di kecamatan Sausu Kabupaten Parigi moutong.

Normalisasi sungai sausu induk sendiri menurutnya, harus melalui kebijakan pusat, mengingat kebutuhan anggaran normalisasi sungai diperkirakan cukup besar.

Hasil tinjauannya di lokasi persawahan dan perkebunan warga sejumlah sawah dan perkebunan tergerus oleh besarnya debit air yang meluap saat terjadi hujan deras.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.