2Banner GIF 2021

UKM dari Pulau Jawa dan Sulawesi Bawa Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor AS

UKM dari Pulau Jawa dan Sulawesi Bawa Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor AS
Foto: Speciality Coffee Expo 2021 di New Orleans, Amerika Serikat, Minggu 3 Oktober 2021. (Kemenkop dan UKM).

Gemasulawesi– Beberapa pelaku Usaha Kecil dan Menengah atau UKM dari pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Nusa Tenggara, membawa kopi Indonesia menembus pasar ekspor di Amerika Serikat, pada Specialty Coffee Expo 2021.

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antar Lembaga sekaligus ketua delegasi Indonesia dalam pameran itu, Luhur Pradjarto, Minggu, 3 Oktober 2021, mengatakan, pelaku UKM kopi difasilitasi Kementerian Koperasi dan UKM dalam upaya memperluas akses pasar produk kopi Indonesia.

Adapun enam pelaku UKM sektor kopi yang hadir dalam ekspo itu datang dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Jalur Kebun Kopi Penghubung Parimo-Palu Putus Tertimbun Longsor

“Saya berharap melalui pameran ini, kopi Indonesia akan meningkat permintaannya, khususnya di pasar Amerika Serikat serta negara lain,” ujarnya dalam keterangan pers.

Pameran itu dianggap strategis bagi segmen pasar kopi Indonesia karena diikuti kurang lebih 200 pelaku usaha produsen kopi dan peralatan pengolah kopi dari 30 negara antara lain dari Colombia, Guatemala, Honduras, Ethiopia, Puerto Rico, Turki, Rwanda, Belgia, dan Korea Selatan.

“Partisipasi pada event Specialty Coffee Expo 2021 ini bekerja sama dengan Atase Pertanian pada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC,” katanya.

Ia perkirakan, potensial order sementara yang dapat dibukukan senilai 2,17 juta dolar AS atau lebih dari Rp31 miliar untuk jenis kopi arabika.

Sejumlah negara disebut telah melayangkan pemesanan dan sampel pemesanan, antara lain Turki, Arab Saudi, Peru, Jepang, Korea Selatan, Finlandia, dan Amerika Serikat.

Beberapa kopi jenis robusta dan arabika dari berbagai daerah ditampilkan dalam kesempatan itu, seperti Mandhailing (Sipirock Coffee – Koperasi Lestari), Toraja (PT. Madalle – Kopinta), Temanggung (Identix Coffee), serta Sundanika Coffee.

Konsulat Jenderal RI Houston Andre Omer Siregar menyambut baik sinergi antar kementerian dalam penguatan pemasaran produk Indonesia khususnya sektor kopi ke pasar Amerika Serikat.

Selain menjadi salah satu upaya strategis untuk mengangkat citra produk kopi Indonesia di pasar internasional, namun juga membuka akses pasar lebih luas lagi bagi produk kopi unggulan dari berbagai daerah di Indonesia.

Ajang Specialty Coffee Expo 2021 berlangsung di Ernest N. Morial Convention Center, New Orleans, Amerika Serikat, mulai 30 September-3 Oktober 2021. (****)

Baca juga: UKM Palu Sukses Menangkan Minat Pasar, Ini Strateginya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post