2Banner GIF 2021

UIN Datukarama Palu Diharapkan Dukung Pemberdayaan Masyarakat

UIN Datukarama Palu Diharapkan Dukung Pemberdayaan Masyarakat
Foto: UIN Datukarama Palu Diharapkan Dukung Pemberdayaan Masyarakat.

Gemasulawesi Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura berharap peran Universitas Islam Negara atau UIN Datukarama Palu dapat mendukung program pemberdayaan masyarakat lewat organisasi keagamaan.

“Selamat kepada Civitas UIN Datukarama Palu yang mendapat peningkatan status dan saya meminta dukungan Civitas UIN Datukarama Palu untuk mendukung percepatan pembangunan sulawesi tengah,” Gubernur di Palu, Rabu 13 Oktober 2021.

Dia mengatakan, universitas melalui Tri Dharma perguruan tinggi dapat berperan mendorong masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan kredit UMKM.

Baca juga: Gubernur Minta Dukungan Wujudkan Sulawesi Tengah Lebih Maju

Menurut dia, kualitas fiskal daerah Sulawesi Tengah masih rendah, sehingga juga dibutuhkan peran Perusahaan Daerah (Perusda) untuk meningkatakan mengelola potensi.

Kedepan kata dia,  Sulawesi Tengah diuntungkan dengan perpindahan Ibu Kota Negara Baru. Sehingga, perlu percepatan peningkatan kualitas infrastruktur daerah , arus distribusi barang produksi pertanian harus ditingkatkan, baik darat dan laut.

“Olehnya, masyarakat harus didorong meningkatkan produksi usaha pertanian, daerah kita dipersiapkan menjadi penyangga ibu Kota Negara Baru,” ujarnya.

Dia menuturkan, untuk mempercepat peningkatan infrastruktur pemerintah daerah harus melakukan strategi percepatan dengan beberapa skema pembiayaan. Tujuannya, untuk mempercepat lonjakan pembangunan di daerah.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur menyampaikan rasa syukurnya atas persetujuan Menteri Desa dan Transmigrasi yang telah menyutujui permohonan Sulawesi Tengah untuk mengalokasikan anggaran lewat ADD kepada Smart Village sebesar 50 juta per desa.

Baca juga: Gubernur Sulteng Positif Covid-19, Pemerintahan Berjalan Virtual

“Saya berharap masyarakat Sulawesi Tengah kedepan harus pintar. Sehingga daerah kita punya lompatan dalam pembangunan,” kata dia.

Sementara itu, Rektor UIN Datukarama Palu, Prof Dr. H. Sagaf S Pattalongi mengatakan, dengan peningkatan status UIN akan mempercepat pengembangan akademik dan penelitian, dalam pengembangan masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Harapan kami kiranya Gubernur dapat mendukung dalam rangka pengembangan sarana dan prasana Kampus UIN Datukarama Palu di Sigi dan Sarana Transportasi mahasiswa untuk masuk perkuliahan di Kampus Baru Sigi,” pungkasnya. (***)

Baca juga: Ini Alokasi Sembilan Unit Kerja Dan 143 Satker Penerimaan CPNS Kemenag 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post