TNI AU Dilibatkan, Perkuat Pasokan Migor Wilayah Timur Indonesia

waktu baca 2 menit

Jakarta, gemasulawesi.com- Perkuat pasokan Minyak goreng (Migor) ke sejumlah wilayah di Indonesia timur, Kementerian perdagangan (Kemendag) jalin kerja sama dengan TNI AU.

Menurut Menteri perdagangan (Mendag) Lutfi, pada tahap awal TNI AU akan mengirimkan 52.800 liter migor ke sejumlah wilayah Papua seperti Sorong, Merauke dan Jayapura.

“Senin dan Selasa akan ada pengiriman migor ke wilayah Indonesia timur, TNI AU akan menggunakan pesawat pengangkut jenis Hercules C-130. Langkah ini dilakukan agar tidak terjadi keresahan ditingkat masyarakat wilayah timur Indonesia terkait kelangkaan migor,” terangnya.

Baca: Mendag Lutfi Temukan Harga Migor di Surabaya Masih Tinggi

Berbagai kebijakan dilakukan untuk mengisi kekosongan minyak goreng di berbagai daerah di Indonesia selain sidak dan mengeluarkan stok di gudang-gudang distributor, termasuk perkuat pasokan migor memanfaatkan TNI AU.

Seperti diketahui,  harga yang ditetapkan Pemerintah yaitu minyak goreng curah Rp11.500/liter, kemasan sederhana Rp13.500/liter dan kemasan premium Rp14.00/liter. Para pedagang baik di ritel modern maupun di pasar tradisional harus menjual  minyak goreng kepada konsumen sesuai ketentuan. 

Dijelaskan Mendag,  Kemendag meminta sejumlah produsen minyak goreng membantu menyediakan stok minyak goreng kemasan sederhana dan premium.  Selanjutnya  migor akan dikirim oleh TNI AU ke berbagai wilayah sesuai sasaran di Indonesia Timur. 

Baca: LBH Papua Desa Oknum TNI Injak Kepala Warga Dipidana

“Para produsen menyatakan sanggup  menyediakan migor kemasan sederhana dan premium dari Surabaya dan Jakarta. Komitmen TNI AU membantu masyarakat dengan mengirimkan migor ke agen dan distributor di wilayah Indonesia Timur. Saya minta begitu minyak goreng sudah sampai, agen dan disrributor bisa cepat memasok ke pasar tradisional sehingga masyarakat langsung mendapatkan migor sesuai harga yang ditetapkan pemerintah,” ujar Mendag Lutfi. 

Menurutnya,  KPN Corporation telah menyediakan  migor untuk tujuan ke Sorong sebanyak 1.100 karton atau 13.200 liter dari Surabaya dengan penerima CV. Papua Sejahtera Sorong.  Dari produsen Wilmar disiapkan migor ke Jayapura sebanyak 1.100 karton atau 13.200 liter dari Surabaya dengan penerima CV. Momugu Jayapura,  Jayapura Selatan – Jayapura.

Dari produsen Musim Mas akan disediakan 1.100 karton atau 13.200 liter ke Merauke dari Surabaya dengan penerima CV Bamboo Retail, Jl. Raya Mandala, Merauke. Sementara dari Apical akan disiapkan migor ke Sorong sebanyak 1.100 karton atau 13.200 liter dari Jakarta dengan penerima PT Rajawali Nusindo Cabang Sorong, di Sorong Kota. (adv)

Baca: Disdikbud Parimo Antar Langsung Logistik Donasi Sulbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.