Tipping Box, Cara Bapenda Parigi Moutong Genjot PAD

  • Whatsapp
Tipping Box, Cara Bapenda Parigi Moutong Genjot PAD
Pemasangan alat Tipping Box- Bapenda Parigi Moutong pasang alat Tipping Box di penginapan, rumah makan dan hotel di Parigi Moutong di salah satu penginapan di Kelurahan Kampal Parigi Moutong, Selasa 25 Februari 2020. GemasulawesiFoto/MuhammadRafii.

Parigi moutong, gemasulawesi.comAlat tipping box atau alat registrasi pembayaran menjadi salah satu cara Badan pendapatan daerah atau Bapenda Parigi Moutong (Parimo) menggenjot Pendapat Asli Daerah (PAD).

“Untuk tahun 2020, target pajak pendapatan kabupaten Parigi Moutong lebih dari 15 Miliar Rupiah,” ungkap Sekretaris Badan pendapatan daerah (Bapenda) Parigi Moutong, Masrudin Pasau di sela-sela kegiatan pemasangan alat Tipping Box, Selasa 25 Februari 2020.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, Bapenda Parigi Moutong menargetkan penerimaan pajak dari rumah makan, penginapan dan lainnya, pada kisaran Rp 800 juta. Dan pihaknya selalu melampaui dari target pajak yang ada setiap tahunnya.

Dari sekitar 14 Miliar Rupiah pendapatan daerah kata dia, Bapenda Parigi Moutong berhasil mendapatkan 118 persen atau sejumlah 16 Miliar Rupiah untuk tahun 2019.

“Kegiatan hari ini adalah pemasangan tipping box atau cash register. Ini merupakan pemasangan perdana di Kabupaten Parigi Moutong,” tuturnya.

Kegiatan ini lanjut dia, merupakan kerjasama antara Bapenda Parigi Moutong dan Bank Sulteng cabang Parigi.

Rencananya, selama dua hari akan dipasang sebanyak 20 alat tipping box khusus di Kecamatan Parigi yang merupakan ibukota Kabupaten Parigi Moutong.

Lima alat sisanya dari 25 alat tipping box, akan pasang di Kecamatan Tinombo, Mepanga hingga Moutong.

“Fungsi dari tipping box adalah alat untuk memudahkan Bapenda Parigi Moutong, rumah makan atau penginapan terkait pemngutan pajak,” terangnya.

Menurutnya, dengan adanya alat tipping box itu, pelanggan tidak kesulitan menginventaris pajaknya. Tidak seperti halnya dengan penggunaan struk bill pembayaran.

Jadi setiap saat bisa kami kontrol. Jadi memang rencananya setiap tanggal 1-10 bulan berjalan akan melakukan penagihan dari data bulan lalu.

“Data pajak dari pelanggan akan langsung terbaca pada sistem yang terkoneksi di Bapenda Parigi Moutong, Bank Sulteng dan pelanggan,” tegasnya.

Seluruh pegawai di Bapenda Parigi Moutong akan turun ke seluruh Kecamatan untuk melakukan penagihan pajak.

Kedepannya, kalau masih dibutuhkan alat tippng Box itu, pihak Bank Sulteng akan selalu siap menyediakan.

“Tipping box merupakan bantuan gratis dari Bank Sulteng untuk penginapan dan rumah makan,” tutupnya.

Baca juga: 20 Desa, Target Pembangunan Talud DPUPRP Parigi Moutong

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.