Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkot Palu Gandeng PDGI

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Tingkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah, menggandeng Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Palu, agar turut serta membantu pemerintah guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Reny A Lamadjido Wakil Wali Kota Palu dalam acara musyawarah cabang dan seminar ilmiah (PDGI) cabang palu, di palu, Sabtu 16 Juli 2022.

“Sektor kesehatan merupakan salah satu pelayanan dasar yang perlu diberikan pemerintah kepada masyarakat, oleh karena itu organisasi profesi di bidang kesehatan memiliki tanggung jawab untuk memenuhi hak-hak masyarakat,” ucap Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido dalam acara musyawarah cabang seminar ilmiah (PDGI) cabang Palu, di Palu, Sabtu 16 Juli 2022.

Menurut dia, PDGI berperan penting dalam pembangunan kesehatan dan pelayanan masyarakat di era Industri 4.0, karena penyelenggaraan pelayanan kesehatan tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan pihak yang terkait langsung.

Baca: Bupati Poso Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Bencana

Sebagai wadah pertemuan dokter gigi yang berlandaskan ilmu pengetahuan, kompetensi, disiplin kode etik dan pelayanan kepada masyarakat, maka pelaksanaan profesi sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Organisasi profesi di bidang kesehatan sangat beragam, sehingga diharapkan peran asosiasi ini juga mampu mengedukasi masyarakat saat para anggota menjalankan tugasnya di rumah sakit dan dalam praktiknya,” kata Reny.

Dikatakannya, selain meningkatkan pelayanan, dokter spesialis juga harus mengembangkan keterampilan dan kemampuan untuk meningkatkan profesionalisme kerja sesuai dengan standar kompetensi dokter gigi.

Pemerintah Kota Palu juga berharap PDGI dapat menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi untuk menjawab tuntutan zaman, serta menjadi pionir dalam peningkatan mutu dan penyampaian pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat.

“Melalui musyawarah ini, kami berharap program kerja berkelanjutan dapat dijalin bersama pemerintah serta terobosan dan inovasi dapat dilakukan untuk menyongsong zaman perubahan yang sangat dinamis,” jelas Reny.

Reny menambahkan, semua pihak diundang untuk mendukung upaya ini, termasuk bidang kesehatan, karena program prioritas pemerintah daerah adalah menjadikan Palu sebagai smart city atau kota pintar menuju kota maju.

Ia mengatakan, salah satu tujuan program ini adalah terkait erat dengan optimalisasi pelayanan publik untuk memberikan akses informasi kepada masyarakat di berbagai daerah. (*/Ikh)

Baca: Pertamina Sosialisasi Subsidi di Empat Daerah Sulawesi Tengah

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.