Tiga Wilayah Parigi Moutong Jadi Fokus Pengembangan PAUD HI

  • Whatsapp
Tiga Wilayah Parigi Moutong Jadi Fokus Pengembangan PAUD HI
Illustrasi aplikasi PAUD HI entaskan stunting

Parigi moutong, gemasulawesi.com Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) memfokuskan tiga wilayah pengembangan PAUD HI terkait fokus percepatan edukasi stunting kepada orang tua siswa.

“Tiga wilayah itu adalah Kecamatan Palasa, Tinombo dan Tinombo Selatan,” ungkap Kepala bidang (Kabid) PAUD Disdikbud Parigi Moutong, Nurlina di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, pihaknya memprioritaskan ketiga wilayah Parigi Moutong karena faktor kendala geografis atau wilayah. Karena faktor itu sehingga pengembangan PAUD HI untuk mendukung kinerja pengentasan stunting jadi terhambat.

Sementara lembaga PAUD HI kata dia, mesti menerapkan lima layanan dasar. Yaitu pendidikan, kesehatan gizi perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan. Khusus Layanan pendidikan PAUD HI menyasar pada orang tua anak. Orang tua penting untuk diberikan edukasi sejak 1000 hari kelahiran pertama.

Tujuannya, agar anak mendapatkan asuhan terbaik, baik dari sisi stimulus dan perkembangan anak. Fase perkembangan anak secara normal sangat bergantung pada kecakapan orang tuanya. Jadi, daerah yang sulit secara geografis mesti mengeluarkan ekstra kerja. Demi pencapaian layanan pendukung program stunting.

“Setiap pengasuhan dan asupan gizi anak akan diawasi guru pada masing-masing PAUD HI. Sehingga, perlu peningkatan kapasitas lembaga PAUD di beberapa daerah tertentu,” jelasnya.

Pemantauan guru lanjut dia, dilakukan untuk memastikan agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan kebijakan yang digariskan. Untuk itu diperlukan ukuran atau indikator keberhasilan yang disusun dalam bentuk instrumen pemantauan.

Instrumen itu dijabarkan dalam 53 indikator dari lima layanan PAUD HI. Pengisian instrumen pemantauan dilakukan Satuan PAUD yang bersangkutan dan diverifikasi/dicek kebenarannya oleh penilik/pengawas PAUD.

Pengisian dilakukan setahun sekali setiap akhir bulan Juni. Skor tingkat keberhasilan yang dipilih dijumlahkan, sehingga akan diperoleh skor minimal 0 dan skor maksimal 53. Berdasarkan skor yang diperoleh dapat dikategorikan tingkat keberhasilan pelaksanaan PAUD HI di Satuan PAUD dengan kriteria sbb.:

“Skor antara 0 – 11 kategori rendah, skor antara 12 -33 kategori sedang, skor antara 34-45 kategori tinggi dan skor antara 46-53 kategori sangat tinggi,” terangnya.

Ia menambahkan, kedepannya seluruh PAUD HI di wilayah Parigi Moutong bisa mencapai Grade A. Sehingga, penanganan program pengentasan stunting bisa dirasakan secara menyeluruh. Namun, pada dasarnya seluruh PAUD itu sudah Holistik Integratif (HI).

Baca juga: 213 Penggiat Alam Parigi Moutong Tanam Bibit Pohon di Pesisir Pantai

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.