fbpx

Tiga Puskesmas di Parigi Moutong Resmi Beroperasi

waktu baca 2 menit
Foto: Peresmian Operasioanl Tiga Puskesmas Baru di Parimo.

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Sebanyak tiga Puskesmas di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, resmi beroperasi untuk pelayanan kesehatan bagi warga.

“Ketiga Puskesmas itu yakni Puskesmas Lambunu Dua Kecamatan Bolano Lambunu, Puskesmas Kecamatan Tomini dan Puskesmas Kecamatan Tinombo dibangun dengan anggaran bersumber dari DAK 2020, masing-masing Rp 9 Miliar lebih,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Elen Ludya Nelwan, saat peresmian tiga Puskesmas di Parigi Moutong, Sabtu 26 Juni 2021.

Pusat kesehatan masyarakat adalah fasilitas layanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat, serta kesehatan perorangan. Dengan lebih mengutamakan upaya promotif, dan prefentif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.

Upaya kesehatan itu, diselenggarakan dengan menitikberatkan pada pelayanan untuk masyarakat luas. Guna mencapai derajat kesehatan optimal tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

“Pembangunan kesehatan diselenggarakan di Puskesmas bertujuan untuk memajukan masyarakat memiliki perilaku baik, kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat. Serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan bemutu dan memiliki derajat kesehatan optimal baik keluarga, kelompok maupun masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Nakes Positif Covid 19, Puskesmas di Morowali Tutup Sementara

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Fauzia Alhadad mengatakan, peresmian tiga Puskesmas di Parigi Moutong adalah seluruhnya bangunan baru.

Sedangkan bangunan Puskesmas lama dirobohkan karena tidak layak pakai dan diganti dengan bagunan Puskesmas baru di lokasi sama.

“Pembangunan Puskesmas gedung baru baik Puskesmas Tinombo, Tomini maupun Bolano Lambunu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020,” jelasnya.

Baca juga: Puskesmas di Banggai Batasi Layanan Pasien, Cegah Penyebara

Tujuan dari pembangunan baru Puskesmas di Parigi Moutong adalah sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat.

Menurutnya, pembangunanya sudah sesuai protap type Kementerian Kesehatan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) DAK tahun 2020.

Ia menambahkan, fasilitas pada tiga Puskesmas di Parigi Moutong telah disediakan pula pembangunan Rumah Dinas Dokter, Pusling (Puskesmas keliling) roda dua, panel tenaga surya, Pusling Double Gardan, Ambulance Puskesmas dan Alat Kesehatan (Alkes).

Baca juga: 225 Guru di Parigi Moutong Suntik Vaksin Covid 19

Laporan: Novita Ramadhani/Diskominfo Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.