Tiga Gunung Sulawesi Utara Naik Jadi Status Waspada

waktu baca 2 menit
Gunung Karengetan naik status waspada (Ilustrasi) Fot. Istimewa

Berita Sulawesi Utara, gemasulawesi – Tiga dari delapan gunung api yang aktif di Sulawesi Utara naik status jadi waspada (level II), terkait hal itu berdasarkan laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Ketiga gunung tersebut adalah Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Sedangkan empat gunung berapi lainnya berstatus normal Level I, yakni Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Gunung Tangkoko di Kota Bitung, Gunung Mahawu di Kota Tomohon, dan Gunung Ambang di Kota Kotamobagu.

“Gunung Ruang baru kembali normal setelah beberapa waktu lalu waspada,” ucap Koordinator Gunung Api PVMBG, Oktory Prambadasaat dihubungi melalui sambungan telepon dari Manado, Sabtu 2 Juli 2022.

Baca: Penjual Busur Panah di Makassar Dibekuk Polisi

Dari delapan gunung api tersebut, dia berharap, masyarakat dapat mewaspadai aktivitas gunung api di Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang saat ini berstatus Siaga III. Tercatat terjadi gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo tiga milimeter dan durasi gempa lima detik.

Empat gempa tektonik jauh dengan amplitudo 2-8 milimeter juga tercatat, tidak ada S-P yang teramati dan durasi gempa 55-130 detik.

“Setiap gunung memiliki karakteristik tersendiri. Kami terus mengharapkan warga sekitar untuk mematuhi radius bahaya yang direkomendasikan,” katanya. (*/Ikh)

Baca: Gempa Guncang Dua Tempat, Sulawesi Utara dan Aceh Minggu Pagi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.