Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Tersisa Lima Wilayah Zona Merah Covid19, Termasuk Parigi Moutong

Tersisa Lima Wilayah Zona Merah Covid19, Termasuk Parigi Moutong
Foto: Illustrasi zonasi covid19 di Indonesia.

Gemasulawesi– Berdasarkan laporan mingguan Satgas per 5 September 2021, tersisa lima wilayah tercatat di zona merah Covid19. Salah satu diantaranya Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

“Satu cara termudah, termurah, dan efektif untuk mengakhiri pandemi ini adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan secara kolektif. Bukan hanya individu, tapi juga harus dilakukan seluruh lapisan masyarakat,” tutup Juru bicara Satgas Penanganan covid19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Selasa 7 September 2021.

Wilayah tersisa lainnya berada di zona merah covid19 yakni, Kabupaten Mappi, Papua, dan Provinsi Aceh yang terdapat di tiga kabupaten diantaranya, Pidie Jaya, Kota Banda Aceh, dan Aceh Besar.

Baca juga: Dinkes Parimo: Penyuntikan Pertama, Tersisa 744 Dosis Vaksin

Zona merah covid19 di Indonesia menurun pesat, Jawa-Bali dilaporkan bebas zona merah virus corona.

Jawa Tengah hingga Jawa Barat sempat mencatat kasus covid19 tertinggi kini berada di zona oranye atau risiko sedang penularan virus corona.

Sementara DKI Jakarta sudah turun di zona risiko rendah penularan Corona.

Wiku mengungkap, fase tersulit justru saat kasus Corona mulai melandai. Hal ini dikarenakan menjaga kedisplinan masyarakat hingga ketahanan pemerintah dalam pandemi tengah diuji.

“Fase ini paling berat karena di sini lah seluruh lapisan pemerintah dan masyarakat diuji kedisplinan dan ketahanannya untuk mempertahankan situasi yang sudah melandai ini, agar tak kembali mengalami lonjakan kasus,” jelasnya.

Diketahui, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid19 di seluruh wilayahnya, termasuk Kabupaten Parigi Moutong.

Pemerintah Parigi Moutong pun terus melakukan upaya melalui percepatan pelaksanaan vaksinasi, dengan memberikan edukasi serta sosialisasi agar masyarakat tidak lagi khawatir untuk menjalani vaksin.

Baca juga: Gubernur Tekankan Penanganan Pandemi Covid19 Mulai dari Desa

Sekretaris Daerah Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Zulfinacran Achmad mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk melakukan percepatan vaksinasi. Hanya saja, hal itu harus didukung oleh masyarakat sebagai sasaran pelaksnaan vaksinasi Covid19.

Upaya itu kata dia, terkait ketersediaan stok vaksin yang akan terus dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, berapapun jumlah dibutuhkan Parigi Moutong.

“Kami sudah meminta kepada pihak Puskesmas untuk mendata masyarakat yang mau menjalani vaksin, supaya kita punya data ril,” tutupnya. (***)

Baca juga: Tujuh Kabupaten Belum Ambil Jatah Dosis Vaksin Covid Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post