2Banner GIF 2021

Tercatat 106 Koperasi Masih Aktif Beroperasi di Parigi Moutong

Tercatat 106 Koperasi Masih Aktif Beroperasi di Parigi Moutong
Foto: Tercatat 106 Koperasi Masih Aktif Beroperasi di Parigi Moutong.

Gemasulawesi Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mencatat sebanyak 106 koperasi masih aktif melaksanakan kegiatan kelembagaannya, dan terdapat 119 koperasi dikategorikan tidak sehat.

“Total keseluruhannya 225 koperasi di Parigi Moutong, baik simpan pinjam, primer dan semua sektor pertanian, perikanan dan peternakan. Namun karena berbagai kendala ada yang aktif dan ada juga tidak aktif atau kami kategorikan tidak sehat,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana saat ditemui di kegiatan pelatihan kelembagaan Koperasi di Parigi, Senin, 11 Oktober 2021.

Dia mengatakan, untuk memberikan penguatan keseluruh lembaga koperasi itu, pihaknya memberikan dukungan melalui pelatihan, berupa cara mengelola koperasi di bidang administrasi, pengenalan dalam rapat anggota tahunan, manajemen dan komitmen dalam kepengurusan kelembagaan.

Baca juga: 25 Ribu Bantuan Bagi Pelaku UMKM di Parigi Moutong Terealisasi

Menurut dia, tidak sehatnya ratusan koperasi disebabkan faktor pandemi Covid -19, struktur organisasi, serta keterbatasan anggota dalam kepengurusannya.

“Didalam koperasi ada yang tidak memiliki ketua, tetapi ada anggotanya,” ungkapnya.

Kemudian, jumlah koperasi aktif dan telah melakukan rapat anggota, sebanyak 83 koperasi. Sementara, 23 belum melaksanakan rapat anggota, karena terhambat oleh pandemi Covid-19.

Sementara berkaitan dengan modal awalnya, berasal dari dana seluruh anggota yang memiliki komitmen, agar koperasi itu dapat maju, mandiri, mampu menejemen serta memiliki sarana dan fasilitas sendiri.

“Saya sudah enam bulan melaksanakan tugas. Dari delapan Koperasi Unit Desa (KUD) di kategorikan tidak sehat  alhamdulillah, dengan perlahan sudah dua yang mulai aktif kembali,” ungkapnya.

Dia berharap, semua koperasi menjadi lebih maksimal, mandiri, serta terus berkembang dan mampu berdaya saing.

“Dari 106 koperasi yang menerima pelatihan hari ini nantinya akan kami evaluasi kembali dalam tiga bulan kedepan,” tegasnya.

Sebelumnya, pelatihan serupa juga dilaksanakan di Lolaro Kecamatan Parigi, diikuti pengurus koperasi di wilayah Kecamatan Moutong hingga Tinombo Selatan.

Pelatihan berikutnya di Parigi, bagi pengurus koperasi  di wilayah Kecamatan Toribulu hingga Parigi Selatan. Sementara untuk pengurus koperasi di wilayah Kecamatan Torue hingga Sausu, dilaksanakan di Torue. (***)

Baca juga: Parigi Moutong Tingkatkan Kapasitas Lembaga Koperasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post