Terapkan Aturan Baru MA, Pelanggar Lalu Lintas Tak Perlu Datang Sidang

Terapkan Aturan Baru MA, Pelanggar Lalu Lintas Tak Perlu Datang Sidang
Illustrasi Peradilan pelanggaran lalu lintas.

Parimo, gemasulawesi.com Terapkan aturan baru Mahkamah Agung (MA), Pengadilan Negeri Parigi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melonggarkan prosedur sidang pelanggaran lalu lintas.

Hal tersebut diungkapkan Humas Pengadilan Negeri Parigi, Jayadin Husain di ruang kerjanya,Jumat, 16 Agustus 2019. Ia mengatakan, warga tidak perlu datang menghadiri sidang.

“Berdasarkan Perma nomor 12 tahun 2016, kami menerapkan kemudahan pelayanan bagi pencari keadilan pelanggar lalu lintas,” ungkapnya.

Imbas terapkan aturan baru MA lanjut dia,  proses peradilan pelanggaran lalu lintas menjadi lebih sederhana, cepat dan biaya ringan. Sehingga, permainan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dapat dihindari.

Pelanggar lalu lintas kata dia, bisa langsung datang ke kantor kejaksaan untuk membayar denda. Bayar denda secara tunai maupun melalui elektronik ke rekening kejaksaan dan mengambil barang bukti yang disita.

Ia menuturkan, pihaknya tetap menjalankan proses persidangan pelanggaran lalu lintas. Persidangannya dilakukan pada setiap hari Kamis bulan berjalan.

“Pelanggar lalu lintas bisa langsung datang melihat putusan atau penetapan besaran denda yang tertera di papan pengumuman Pengadilan,” tegasnya.

Ia melanjutkan, pengumuman besaran denda pelanggaran lalu lintas, juga diumumkan di laman Website Pengadilan, sebagai bukti transparansi kepada publik.

Ia mengeluhkan, keterbatasan tenaga hakim di Pengadilan Negeri Parigi. Hanya empat orang hakim termasuk Ketua Pengadilan dan Wakil Ketua.

Namun, keterbatasan personil tidak mempengaruhi, dan menyurutkan pelayanan prima kepada warga pencari keadilan.

“Visi Menuju Badan Peradilan yang Agung, Peradilan yang Agung hanya dapat diwujudkan dengan adanya kepercayaan masyarakat,” pungkasnya.

Laporan: Sidik

Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here