Tepatkah Kota Palu Tunda Pemberlakuan PSBB

Tepatkah Kota Palu Tunda Pemberlakuan PSBB Sulawesi Tengah Sulteng
Ilustrasi PSBB

Kupas Tuntas, gemasulawesi- Sudah tepatkah Kota Palu tunda pemberlakuan PSBB. Sementara, hingga saat ini data Pusdatina virus corona Sulawesi Tengah (Sulteng) menunjukkan, sudah 16 orang terkonfirmasi positif di Ibu Kota Provinsi itu.

Kota Palu adalah salah satu wilayah penyebaran corona Sulawesi Tengah dari total delapan kabupaten dan kota. Bahkan, menjadi peringkat terbanyak kedua terkonfirmasi positif setelah Kabupaten Buol.

Read More

Untuk diketahui, hingga saat ini Kabupaten Buol sudah 29 orang warganya terkonfirmasi virus corona. Menyusul Kota Palu sebanyak 16 orang, Kabupaten Morowali Utara dengan angka 12 kasus.

Kemudian, Kabupaten Poso sebanyak enam orang, Tolitoli totalnya sudah lima orang, Kabupaten Sigi dan Morowali sama banyaknya tiga kasus terkonfirmasi corona. Dan terakhir Kabupaten Bangkep juga telah jebol satu orang warganya positif covid-19.

Sementara lima wilayah lainnya seperti Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Donggala, Touna, Banggai dan Banggai Laut masih nihil terkonfirmasi virus corona.

Dengan melihat data itu, apakah mesti menunggu ratusan warga di Kota Palu Sulteng  terkonfirmasi terpapar virus corona. Ataukah menunggu angka kematian tinggi akibat pandemi itu. Baru kemudian kebijakan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau dikenal dengan sebutan PSBB Kota Palu menjadi opsi Pemerintah kota (Pemkot).

Apalagi, menurut Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Sulteng, dr. Jumriani Yunus mengatakan, Kementerian Kesehatan menilai penyebaran virus corona di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu sudah bersifat penularan transmisi lokal. Hal itu berdasarkan temuan positif corona pada orang yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

Kondisi ini tentu semakin memprihatinkan, warga Sulawesi Tengah sudah harus lebih mewaspadai beberapa wilayah penyebaran virus corona yang semakin massif.

Penerapan Social distancing maupun physical distancing sangat penting untuk diperhatikan. Mengingat, penyebaran virus corona yang semakin massif tidak menutup kemungkinan Sulawesi Tengah sedang menuju pada puncak pandemi.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.