25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

waktu baca 10 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Makassar yang menjadi ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan menyimpan sejuta keindahan di dalamnya. Sebagai kota yang menjadi destinasi wisatawan domestik dan luar negeri, banyak tempat wisata di Makassar yang perlu kamu kunjungi.

Kota Daeng, itulah salah satu sebutan bagi kota Makassar. Meski terkenal dengan sajian kulinernya yang menggoda selera. Perlu diketahui, tempat wisata di Makassar yang bertaraf lokal dan interlokal sudah banyak dibangun.

Apa saja itu? Yuk, simak informasi yang telah disusun oleh redaksi Gema Sulawesi!

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, bagi kamu masyarakat kota Makassar dan sekitarnya. Tak ada salahnya untuk menghabiskan libur lebaran bersama keluarga kamu dengan cara mengunjungi tempat wisata di Makassar.

Masih belum tahu? Ini dia informasinya.

  1. Pantai Losari

25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Berlokasi di kota Ujung Pandang, Pantai Losari menjadi destinasi wisata paling legendaris di kota Makassar. Saat mencari tempat wisata di Makassar, sudah menjadi kewajiban untuk berkunjung ke Pantai Losari.

Dari segi lokasi, Pantai Losari sangat strategis karena jarak tempuh dari Bandara Internasional Hasanuddin hanya butuh waktu sekitar setengah jam. Di sepanjang perjalanan, kamu yang ingin mencari oleh-oleh tak perlu bingung, karena di sekitar lokasi sudah banyak yang menjajakan oleh-oleh khas Makassar.

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan waktu, kamu tak perlu risau karena Pantai Losari tidak ada batasan jam operasional. Biasanya, jam 3 sore sampai 9 malam menjadi waktu paling ramai dikunjungi wisatawan. Yang menarik adalah, untuk masuk ke Pantai Losari kamu tak perlu membayar biaya tiket alias gratis.

  1. Pantai Akkarena

25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu pecinta wisata pantai, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Akkarena. Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, kamu juga bisa bersenang-senang karena tersedia watersports atau hanya sekedar nongkrong di cafe-cafe yang instagramable.

Dengan tiket masuk yang hanya 10 ribu rupiah, sangat murah sekali bukan. Harga tiket pada weekday dipatok sebesar 10 ribu rupiah, sedangkan pada saat weekend dipatok dengan harga 15 ribu rupiah per orang, sedangkan untuk anak dibawah 5 tahun gratis. Pantai Akkarena sendiri berlokasi di Tanjung Bunga, Makassar.

  1. Pantai Tanjung Bayang

25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi ketiga tempat wisata di Makassar ada Pantai Tanjung yang tak kalah populer di kota Makassar. Dengan pesona yang menawan, tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Apalagi, sarana dan prasarana juga sudah tertata dengan baik.

Terletak di kelurahan Barombong, Pantai Tanjung Bayang sangat dekat dengan pusat kota dan akses transportasi yang mudah. Dengan jam operasional yang panjang, kamu cukup membayar tiket seharga 5 ribu rupiah per orang.

  1. Losari Beach Platform

25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Sesuai namanya, Losari Beach Platform memang masih satu komplek dengan Pantai Losari. Bedanya, kamu dapat berswafoto dengan pemandangan Pantai Losari, atau Masjid Seribu Kubah. Selama menjelajahi tempat wisata di Makassar, belum afdol jika tak berkunjung disini.

Sama seperti Pantai Losari, Losari Beach Platform juga dibuka selama 24 jam tanpa dipungut biaya sepeserpun.

  1. Pulau Samalona

25 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Makassar memang terkenal dengan pesona baharinya yang sangat menawan. Bahkan, salah satu pulau yang bernama Pulau Samalona pernah dipromosikan sebagai destinasi wisata untuk acara-acara pariwisata internasional.

Jika kamu berminat berkunjung, harga tiket yang dipatok adalah 300 ribu rupiah pada weekday, sementara pada weekend dipatok biaya 400 ribu rupiah. Dengan akses masuk 24 jam, kamu bebas untuk datang jam berapapun.

  1. Pulau Kodingareng Keke

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Bagi kamu yang suka dengan keanekaragaman biota laut, Pulau Kodingareng Keke bisa jadi rekomendasi tempat wisata di Makassar. Pulau ini menyajikan panorama alam yang sangat indah, apalagi pemandangan bawah lautnya.

Jika kamu ingin menuju ke pulau ini, kamu harus menempuh perjalanan dengan perahu di Benteng Ujung Pandang. Perjalanan yang ditempuh sekitar 40 menit saja. Sedangkan untuk harga tiket, tarif yang dipasang di kisaran 30-50 ribu rupiah per orang.

  1. Pelabuhan Paotere

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Dibangun sejak tahun 1991, Pelabuhan Paotere kini berubah menjadi tempat wisata di Makassar, khsusunya wisata bahari. Meski hanya sebuah pelabuhan, pemandangan yang disuguhkan sungguh indah dengan perpaduan bangunan pelabuhan bergaya klasik ala zaman kolonial.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, cukup dengan biaya 3 ribu rupiah kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang menawan. Sementara jika kamu ingin berkeliling menggunakan mobil, cukup merogoh kocek 15 ribu saja.

  1. Pantai Galesong

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Satu lagi pantai legendaris yang bisa kamu nikmati, Pantai Galesong. Menyajikan pemandangan laut yang menawan, disini kamu juga bisa berenang di kolam renang yang dekat di bibir pantai. Selain itu, bagi kamu yang suka memacu adrenalin dengan melakukan outbound.

Berlokasi di kabupaten Takalar, tiket masuk menuju Pantai Galesong berkisar 25 ribu rupiah per orang, sudah termasuk dengan wahana yang ada di pesisir pantai. Untuk jam operasional, kamu bisa mengunjungi pantai ini dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam.

  1. Pulau Kayangan

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Pernahkah kamu mendengar istilah kayangan? Salah satu tempat wisata di Makassar memiliki pulau yang diibaratkan seperti di kayangan yaitu Pulau Kayangan. Seperti namanya, pulau ini memiliki pemandangan laut yang sangat indah, dari situlah pulau ini diberi nama Pulau Kayangan.

Pulau ini juga berdekatan dengan objek wisata daeng yang masih satu kawasan dengan Pantai Losari. Untuk menuju kesini, kamu harus naik kapal melalui dermaga Jl. Ujung Pandang dengan tarif 25 ribu rupiah per orang.

  1. Pulau Laelae

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Jika kamu merasakan kejenuhan dari segala aktivitas pekerjaan, Pulau Laelae bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk healing. Dengan keindahan yang menawan, kamu akan merasakan rileks ketika berkunjung disini. Apalagi, pulau ini masih terbilang sepi, sangat cocok digunakan untuk berlibur dan bersantai.

Dengan keindahan yang menawan, siapa sangka jika berkunjung kesini kamu tak perlu repot memikirkan biaya masuknya. Untuk menuju ke Pulau Laelae, kamu bisa menggunakan jasa transportasi kapal warga sekitar dengan tarif 40 ribu sampai 150 ribu rupiah.

  1. Gusung Bonetambu

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Tempat wisata di Makassar sangat banyak untuk dijelajahi, salah satunya adalah Gusung Bonetambu. Warga sekitar menyebutnya sebagai sangkarang atau Pulau Kaya, karena keanekaragaman hayati yang masih terjaga dengan baik. Gusung Bonetambu sendiri terletak di Ujung Tanah, Makassar.

Akses menuju Gusung Bonetambu sangat mudah, bisa ditempuh dari pusat kota Makassar dalam waktu 30 menit saja. Untuk akomodasi, kamu hanya perlu menyiapkan biaya penyebrangan dan penginapan saja.

  1. Pulau Barrang Lompo

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Dari sekian pulau di Makassar, Pulau Bara Lompo memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan modern dibanding pulau-pulau lainnya yang ada di Makassar. Memiliki area terumbu karang yang cukup luas, cocok sekali bagi kamu yang senang melakukan snorkeling atau diving.

Berlokasi di Ujung Tanah, Makassar, kamu bisa mengunjungi pulau ini kapan saja. Dengan biaya masuk sebesar 15 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati setiap sudut keindahan yang ditawarkan Pulau Bara Lompo.

  1. Pantai Anging Mamiri

Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Makassar yang Legendaris

Pantai Anging Mamiri cocok sekali untuk dijadikan tempat pelarian setelah sibuk bekerja. Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Bayang, Pantai Anging Mamiri juga tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang lain.

Dibuka sejak 14 tahun lalu, Pantai Anging Mamiri terletak di Tanjung Bunga yang bisa diakses kapan saja. Tiket masuk menuju Pantai Anging Mamiri juga cukup murah, selain itu kamu juga bisa menikmati permainan wahana air yang disediakan pengelola seperti Banana Boat yang mampu menampung 6 orang sekaligus.

  1. Pulau Badi

Pulau Badi, salah satu tempat wisata di Makassar yang berupa pulau namun jarang sekali diketahui oleh wisatawan lokal dan interlokal. Di pulau ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan yang memukau mata, apalagi pada saat matahari tenggelam tiba. Selain itu, keanekaragaman biota lautnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta diving dan snorkeling.

Untuk menuju ke Pulau Badi, kamu harus menggunakan speed boat dari Pantai Losari dengan jarak tempuh berkisar 30 menit. Karena biaya masuk yang gratis, kamu hanya perlu menyediakan biaya sewa untuk penyeberangan.

  1. Pantai Tanjung Layar Putih

Masih di kawasan Tanjung Bayang, Makassar, pantai yang memiliki panorama memukau ini bernama Pantai Tanjung Layar Putih. Yang menarik adalah, meski pantai ini sangat indah, ternyata masih jarang sekali orang yang berkunjung ke pantai ini. Padahal, keindahannya semakin paripurna ketika menjelang senja.

Pantai Tanjung Layar Putih berjarak 60 kilometer dari Pantai Losari. Untuk tiket masuk, pengelola memasang tarif 5 ribu rupiah saja, semantara bagi pengendara mobil dipatok 10 ribu rupiah. Sangat murah bukan?

  1. Pantai Kuri Indah

Terletak di kota Maros, Pantai Kuri Indah layak berada di daftar destinasi wisata kamu. Kelebihan pantai ini adalah kawasan bibir pantai yang dihiasi dengan lempengan batu. Keindahan pantai ini semakin menarik wisatawan kala matahari tenggelam. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa keliling hutan mangrove dengan menggunakan perahu nelayan sekitar.

Dari segi tiket, pihak pengelola mengenakan tarif yang sama antara weekday dan weekend. Jika kamu memiliki waktu yang terbatas, tenang saja, karena pantai ini dibuka selama 24 jam penuh.

  1. Pulau Kodingareng Lompo

Mungkin bagi sebagian orang, berwisata di pantai sudah menjadi hal yang lumrah. Tapi apa jadinya jika berwisata di pantai sekaligus belajar mengenal budaya warga lokal. Kami sangat merekomendasikan Pulau Kodingareng Lompo kepada kamu. Dengan air laut yang bersih dipadu dengan hamparan pasir putih, pulau ini juga memiliki akses transportasi yang mudah.

Disana, tersedia penginapan dan makanan khas yang dijual oleh warga setempat. Saat masuk ke Pulau Kodingareng Lompo, kamu tak perlu membeli tiket masuk karena gratis. Tetapi, kamu harus merogoh kocek saat menyewa kapal penyeberangan.

  1. Pantai Barombong

Bagi kamu para penggemar matahari terbenam, Pantai Barombong wajib hukumnya untuk dikunjungi. Pantai yang menjadi rumah bagi para nelayan lokal ini juga menyediakan ikan bakar yang khas, dipadu dengan keindahan matahari terbenam. Selain itu, pesona pasir hitamnya bahkan menjadi daya tarik utama Pantai Barombong.

Terletak di Kecamatan Tamalate, Pantai Barombong terbilang sangat mudah akses transportasinya. Tak perlu risau, pantai ini juga beroperasi selama 24 jam penuh dan tak perlu membayar tiket masuk.

  1. Gusung Barrang Caddi

Apakah kamu ingin merasakan keindahan seperti di Private Island? Kamu bisa datang ke Gusung Bara Caddi. Pulau ini sangat cocok bagi segala aktivitas berlibur kamu bersama orang-orang tercinta.

Harga tiket yang murah, dan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi. Terletak di Barrang Caddi, Ujung Tanah. Jumlah wisatawan yang datang ke Gusung Bara Caddi akan membludak saat akhir pekan dan hari libur.

  1. Pulau Pajenekang

Menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, pulau ini menyuguhkan keindahan laut yang sungguh mempesona. Bahkan, kamu juga bisa menikmati ragam budaya seperti kuliner, wisata religi, dan wisata bahari.

Berjarak 20 km kota Makassar, kamu harus menyeberang melalui pelabuhan Paotere dengan biaya yang bervariasi, mulai dari 10 ribu sampai 30 ribu rupiah.

Selain menawarkan keindahan pantai, Pulau Pajenekang juga menyuguhkan indahnya toleransi karena terdapat Gereja dan Masjid yang memiliki bangunan yang khas.

  1. Benteng Rotterdam

Fort Rotterdam menjadi salah satu tempat wisata di Makassar yang sangat populer. Benteng ini menjadi peninggalan bersejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo yang memiliki gaya arsitektur bergaya Eropa, terutama Belanda.

Buka mulai pukul 09.00 WITA pagi sampai jam 18.00 WITA. Pada sore hari, tiket masuk dipatok seharga 5 ribu rupiah untuk dewasa dan 3 ribu untuk anak-anak. disana juga terdapat pemandu wisata yang akan membantu kamu mengetahui sejarah dari benteng Fort Rotterdam

  1. Benteng Somba Opu Gowa

Destinasi bersejarah lainnya yang bisa dinikmati secara gratis adalah Benteng Somba Opu Gowa. Terletak di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, benteng ini lokasinya tak begitu jauh dari kota Makassar.

Untuk akses transportasi, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Buka mulai jam 08.00 WITA sampai 08.00 WITA. Untuk harga tiket, kamu cukup membayar seikhlasnya untuk bisa masuk kedalam.

  1. Museum Balla Lompoa

Destinasi wisata bersejarah lainnya adalah Museum Balla Lompoa yang terletak di daerah Gowa, Makassar. Untuk menuju kesana, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Yang menarik, kamu tak perlu membayar sepeserpun untuk bisa menikmati museum ini. Untuk jam operasional, Museum Balla Lompoa dibuka mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore.

  1. Monumen Pembebasan Irian Barat

Tak hanya wisata kuliner dan alam yang melimpah, Makassar juga memiliki Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat yang memiliki sejarah panjang. Monumen ini juga menjadi saksi bisu pembebasan Irian Barat.

Berlokasi di Ujung Pandang, lokasi wisata bersejarah ini bisa diakses dengan mudah karena terletak di jalur trayek kendaraan umum. Buka mulai jam 8 pagi, dan tutup pada jam 5 sore. Harga tiket yang murah, kisaran 10 ribu rupiah per orang.

  1. Museum Kota Makassar

Sebagai salah satu museum terbesar di Sulawesi Selatan, Museum Kota Makassar banyak diminati oleh pengunjung lokal dan internasional. Perjalanan panjang terbentuknya Kota Makassar dijelaskan secara runut di dalam museum ini.

Bukan cuma menjadi wisata edukasi, Museum Kota Makassar juga memiliki wisata kuliner dan alam. Untuk masuk kedalamnya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah per orang. Sudah murah, ilmu pun bisa didapat.

Yuk, Kunjungi Tempat Wisata di Makassar Tersebut!

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata di Makassar dari redaksi Gema Sulawesi yang bisa kamu catat selama perjalanan wisata kamu selama berkunjung di Makassar. Jangan lupa, selalu jaga kebersihan dan keindahan tempat wisata agar memberikan kenyamanan bagi semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.