fbpx

Tempat Wisata dan Masakan Mendunia Khas Indonesia di Kota Malang

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas tuntas, gemasulawesi – Kota Malang memang memiliki daya tarik tersendiri untuk tempat wisata alam dan juga masakannya, bahkan hingga ke mancanegara. Banyak sekali destinasi wisata dan juga masakan Indonesia yang mendunia dari kota Malang. Malang mempunyai cuaca yang sejuk dan lebih cenderung ke dingin, jauh sangat berbeda dengan cuaca yang ada di kota-kota besar lainnya yang panas dan penuh dengan asap polusi. Tidak mengherankan kota Malang selalu ramai untuk dikunjungi oleh para wisatawan, terutama untuk wisatawan dalam negeri, ketika musim liburan sudah tiba.

Kota Malang juga memiliki tempat tempat rekreasi dan kuliner yang dapat membantu menjernihkan pikiran dan untuk bersantai dengan tenang. Misalnya wisata petik apel Malang, wisata wahana dan juga edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak, dll. Berikut ini ulasan mengenai rekomendasi tempat kuliner dan wisata batu Malang murah meriah wajib untuk Anda ketahui.

Rekomendasi Wisata di Kota Batu Malang

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang paling terkenal di Malang yang dapat Anda kunjungi bersama anggota keluarga :

  1. Baloga ( Batu Love Garden )

Baloga batu Malang adalah sebuah wisata baru yang mulai banyak dilirik oleh para wisatawan. Berlokasi di Desa Bumiaji, Jalan Raya Padanrejo, Kota Batu yang mana Anda tidak akan sulit untuk menemukan lokasi wisata satu ini karena berada di jalan alternatif dari Surabaya menuju kota Batu.

Baloga ini juga memberikan pengalaman kepada para wisatawan agar lebih mengenal berbagai ragam jenis tanaman, seperti bunga, buah-buahan, dan juga sayuran sama seperti di madu efi berastagi. Di Baloga ini juga memiliki banyak sekali jenis bunga buatan atau artificial. Namun, jumlahnya tidak banyak dan bunga aslilah yang lebih mendominasi.

Pada setiap satu minggu sekali bunga juga akan diganti yang mana bunga tersebut juga di dapat dari para petani yang ada di kota Malang. Ketika pengunjung masuk halaman akan disambut dengan taman bunga yang warna-warni yang mana bunga tersebut di bentuk dengan dan didesain dengan unik.

Baca: Intip 10 Tempat Wisata di Medan Favorit yang Harus Kamu Kunjungi!

  1. Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo ini merupakan salah satu air terjun terkenal dan paling ramai dengan pengunjungnya di kota Malang, terutama pada saat akhir pekan. Air terjun terkenal yang berada di Pujon, Malang ini mempunyai ketinggian 84 m dan debit air yang cukup besar sama dengan air terjun Sigerincing.

Bukan hanya untuk air terjun yang ada di sini, Coban Rondo ini juga menawarkan banyak sekali wahana yang sangat menarik untuk dicoba, seperti labirin, rafting, bersepeda atau panahan. Banyak sekali jajanan kuliner khas Malang yang wajib untuk dicicipi. Coban rondo cocok untuk dikunjungi sebagai alternatif untuk liburan bersama anggota keluarga maupun bersama dengan sahabat.

  1. Malang Night Paradise

Jalan-jalan malam ketika liburan ke kota Malang belum terasa afdol jika belum ke Malang Night Paradise. Sama dengan tempat instagramable di Solo yang mana di Malang Night Paradise  mengusung konsep teknologi, edukasi, dan juga seni. Sinaran dari lampion akan menyambut Anda saat pertama kali masuk ke tempat yang sudah penuh dengan lampu-lampu cantik.

Wahana yang tersedia pada destinasi tempat wisata instagramable di Malang ini memiliki beragam tema, mulai dari rumah sihir, taman bunga, hingga miniatur kota Venesia. Salah satu wahana yang paling menarik adalah Magic Journey, di mana Anda dapat menyusuri lorong sungai dengan gemerlap ornamen lampu menggunakan sebuah perahu.

Baca: 9 Rekomendasi Wisata Banda Aceh

  1. Petik Apel Malang

Tempat wisata di Malang selanjutnya dan sayang jika dilewatkan tentu saja adalah wisata petik apel. Anda dapat melakukan aktivitas rekreasi di banyak kebun apel yang tersebar di Malang. Misalnya seperti Kusuma Agrowisata, Green Garden, dan masih banyak lagi kebun apel yang juga menyajikan wisata petik bagi para pengunjungnya.

Hal tersebut pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang berkesan sekaligus tidak akan pernah terlupakan bagi siapa saja yang melakukannya. Terlebih, apel-apel yang nantinya Anda petik dapat secara langsung dibawa pulang dengan harga per kilo yang memang sudah ditetapkan oleh masing-masing kebun.

Miliki Wisata Kuliner Paling Terkenal

Kali ini kita akan merekomendasikan tempat masakan Indonesia yang mendunia dari wisata kuliner yang ada di kota Malang, berikut ini adalah rekomendasinya :

  1. Toko Roti Andalas

Toko Roti Andalas ini berada di Jalan Kawi No. 11, Malang, Jawa Timur. Tempat ini sangat cocok dijadikan salah satu untuk melakukan wisata kuliner karena memiliki banyak seklai pilihan roti yang nantinya akan ditawarkan. Awalnya, Toko Roti Andalas sudah mulai berjualan pada tahun 1963 di Jalan Andalas.

Kemudian toko pindah ke Jalan Kawi pada tahun 1992. Kue yang sangat terkenal dari toko ini adalah kue khas Belanda, seperti anannas,krakeling kastengel,  tastjes, mereng, yan hagel, dan lidah kucing.

Baca: Yuk, Jelajahi Wisata Garut yang Terkenal

  1. Rawon Rampal

Masakan Indonesia yang mendunia satu ini adalah Rawon Rampal yang berada di Jalan Panglima Sudirman No. 71A, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Tempat makan ini memang sudah didirikan dari tahun 1957. Pemiliknya merupakan tiga bersaudara Ibu Napsiah, Syarifah, dan Sumiati.

Rawon Rampal ini berisikan daging sapi dan juga tauge dengan ditamabah kuah cokelat yang khas. Tempat makan ini juga menyediakan soto, pecel, dan aneka jenis kudapan sebagai salah satu pelengkapnya.

  1. Soto Babon Pak Mulyani

Soto Babon Pak Mulyani ini berada di Jalan Kolonel Slamet Supriyadi No.3, Bandungrejosari, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Rumah makan ini sudah berjalan sekitar 20 tahun lamanya. Soto yang cara penyajiannya serupa dengan soto Lamongan dan isi di dalamnya terdiri dari ayam, sohun, kol, dan juga tauge.

Baca: 12 Rekomendasi Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat

Lauk pelengkap yang akan disediakan berupa hati, ampela, beserta telur. Keistimewaan dari soto babon adalah pemakaian ayam babon atau betina yang sudah bertelur sehingga rasa dagingnya akan terasa lebih kenyal. Bumbu koya khas dari Lamongan dibuat dari bawang putih goreng yang sudah ditumbuk halus semakin menambah kesegaran dan juga akan tersedia sari perasan jeruk nipis yang sudah disimpan dalam sebuah botol.

  1. Toko Oen

Toko Oen ini terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Wisata kuliner ini menjadi salah satu warisan budaya karena memang mengandung riwayat historis yang sangat kental. Toko Oen yang ada di kota Malang ini adalah salah satu dari beberapa cabang yang ada di kota lainnya.

Toko Oen yang ada di Malang sudah berdiri dari tahun 1930-an. Makanan yang disajikan juga beraneka jenis kue tempo dulu. Bangunan dari toko juga menampilkan ornamen khas yang ada di zaman dahulu. Para pengunjung juga bisa menikmati makanannya secara langsung di tempat. (*/Fan)

Baca: Diduga Bermasalah, Inspektorat Parigi Moutong Bidik Puluhan Desa

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.