2Banner GIF 2021

TBM Sou Mpelava Terpilih Sebagai Penyelenggara Kampung Literasi

TBM Sou Mpelava Terpilih Sebagai Penyelenggara Kampung Literasi

Berita parigi moutong, gemasulawesi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memilih Taman Baca Masyarakat (TBM) Sou Mpelava di Desa Pelawa, Parigi Moutong,  Sulawesi Tengah, sebagai penyelenggara Kampung Literasi tahun 2021.

“TBM Sou Mpelava salah satu dari 30 TBM yang terpilih sebagai penyelenggara Kampung Literasi. Pencanangannya di Desa Pelawa, Kecamatan Parigi Tengah,” ungkap Ketua TBM Soe Mpelava, Syilva Muslimah, pada pelaksanaan pencanangan Kampung Litetasi di Kantor Camat Parigi Tengah, Jum’at, 29 Oktober 2021.

Baca juga: Ini Hasil Diskusi tentang Menarik Investasi Masuk ke Parigi Moutong

Menurut dia, persiapan Kampung Literasi Pelawa dimulai sejak bulan Mei 2021, dengan rangkaian kegiatan yang mencakup enam literasi dasar yakni, lomba baca puisi untuk literasi baca-tulis, lomba notesa (bercerita) menggunakan bahasa Kaili, untuk literasi budaya dan kewargaan.

Kemudian, kelas literasi sains, kelas copywriting untuk literasi digital, pelatihan membuat piring lidi (Ingko), sebagai pengembangan literasi numerasi dan finansial, membuka pojok baca di Dusun V Desa Pelawa, Desa Jononunu, dan Desa Pelawa Baru.

“Acara puncak yaitu Pencanangan Kampung Literasi Pelawa yang di gelar hari ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, kampung literasi Pelawa merupakan program Direktorat Pendidikan Masyarakat, dan Pendidikan Khusus (PMPK), Kemendikbud Ristek, bertujuan untuk mengembangkan literasi masyarakat.

“Dalam Pencanangan Kampung Literasi Pelawa hari ini kami menggelar pameran literasi, diskusi literasi bencana, vaksinasi Covid-19, lapak baca keliling, menggambar dan mewarnai, nonton bareng film edukatif, dan akan di tutup dengan malam puisi,” jelasnya.

Dia menuturkan, anggaran dalam kegiatan kampung literasi bersumber dari bantuan pemerintah yang melekat pada Direktorat PMPK sebesar Rp 50 juta.

“Kami ucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan kampung literasi Pelawa. Utamanya jajaran pemerintah daerah Parigi Moutong, seluruh komunitas dan pegiat literasi, dan seluruh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Pencanangan kampung literasi dilaksanakan oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, H. Badrun Nggai di halaman kantor Camat Parigi Tengah, Jum’at 29 Oktober. (***)

Baca juga: Uji Coba Indeks Pembangunan Statistik Disosialisasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post