Target Anubhawa Sasana, Kampal Jadi Kelurahan Sadar Hukum

0
171
Target Anubhawa Sasana, Kampal Jadi Kelurahan Sadar Hukum
Lurah Kampal, Basir (Foto: Basir)

Parigi, gemasulawesi,com Target penghargaan anubhawa sasana, Kelurahan Kampal, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng dijadikan Kelurahan Sadar Hukum.

Hal tersebut diungkapkan Lurah Kampal, Basir kepada gemasulawesi.com, Rabu, 10 Juli 2019,  diruang kerjanya.

“Kelurahan Kampal merupakan satu-satunya Kelurahan yang ditetapkan oleh Bupati Parimo sebagai Kelurahan Sadar hukum dengan berdasar pada Surat Keputusan Bupati,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, ada beberapa indikator indeks untuk penilaian menjadi Desa atau Kelurahan Sadar Hukum yaitu dimensi akses informasi hukum dan dimensi implementasi hukum.

Bobot penilaiannya, sebesar 40 persen implementasi hukum yaitu dimensi akses keadilan, dimensi demokrasi dan regulasi.

Sedangkan bobot penilaian tingkat kesadaran hukum sebuah desa atau Kelurahan pada dimensi yang lainya sebesar 20 persen.

Untuk menindaklanjuti Kelurahan sadar hukum dibentuklah kelompok Keluarga Sadar Hukum berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 180.45/1445/Bag.Kumdang Tentang Kelompok Sadar Hukum Kelurahan Kampal.

“Dengan penilaian tersebut kami berharap semoga Kelurahan Kampal bisa ditetapkan oleh Kementrian Hukum dan HAM RI sebagai kelurahan sadar hukum. Dan memperoleh target penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan,’’ tuturnya.

Diketahui dari rilis Kemenkumham, salah satu point yang menjadikan sebuah desa atau kelurahan sadar hukum adalah dengan tingginya tingkat pembayaran pajak atau minimal 90%.

Minimnya angka kriminalitas, minimnya angka pernikahan dini, dan minimnya tingkat pengguna atau pecandu narkoba.

Desa Sadar Hukum akan meningkatkan pengetahuan prilaku dan budaya hukum masyarakat. Selain itu, juga dapat menghasilkan produk-produk hukum yang berkualitas yang akan menunjang pembangunan hukum dan HAM.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan