Home PARIGI MOUTONG Tangkal Corona, Dinkes Parigi Moutong Ajak Tingkatkan Imun Tubuh

Tangkal Corona, Dinkes Parigi Moutong Ajak Tingkatkan Imun Tubuh

Tangkal Corona, Dinkes Parigi Moutong Ajak Tingkatkan Imun Tubuh
Illustrasi makanan alami tingkatkan imun tubuh.

Parigi moutong, gemasulawesi.comDinas kesehatan (Dinkes) Parigi Moutong (Parimo) ajak warga untuk meningkatkan imun tubuh untuk menangkal virus corona.

“Imun tubuh seluruh warga di Parigi Moutong bisa ditingkatkan dengan konsumsi makanan yang bergizi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, Revi JN Tilaar saat pertemuan koordinasi pencegahan virus corona di Kabupaten Parigi Moutong, Senin 23 Maret 2020.

Ia melanjutkan, makanan berigizi alami yang mengandung vitamin c dan e sangat diutamakan untuk dikonsumsi. Makanan berigizi itu antara lain, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Dan warga mudah mendapatkannya di pasar-pasar.

Selain itu, juga sangat diutamakan untuk selalu mengkonsumsi ikan. Berbagai asupan gizi patut dibarengi dengan paparan sinar matahari pagi. Dengan durasi paparan sinar matahari selama 15-30 menit, antara jam 10.00-11.00 WITA.

Sementara itu dikutip dari wartaekonomi, Ahli gizi masyarakat dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan mengimbau warga agar mengonsumsi produk pertanian secara rutin. Menurutnya, produk pertanian seperti buah dan sayur mampu meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh, utamanya dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

“Setidaknya masyarakat wajib mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan E. Kan WHO juga sudah menganjurkan agar kita mengonsumsi sayuran sebanyak 150 gram dan buah 250 gram per hari,” tuturnya.

Ia mengatakan, vitamin C bisa didapatkan dari buah papaya, jeruk, dan jambu biji. Sementara untuk sumber vitamin E bisa didapatkan dari produk sayuran tauge seperti wortel, bayam, lobak hijau, dan brokoli.

“Agar tubuh kita mampu menangkal penyerbu-penyerbu asing (virus, kuman, dan bakteri), maka limfosit (sel darah putih) harus tersedia dalam jumlah yang cukup. Mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan produksi limfosit. Vitamin C bekerja seperti antibiotika di dalam tubuh untuk menghancurkan virus penyebab penyakit,” terangnya.

Vitamin C, kata Ali, juga mampu meningkatkan kadar glutation di dalam tubuh yang bekerja setiap hari. Glutation adalah antioksidan pada tubuh yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Konsumsi vitamin C 500 mg sehari dapat meningkatkan kadar glutation tubuh sampai 50 persen.

“Masalahnya konsumsi harian penduduk Indonesia per hari rata-rata hanya sekitar 100 gram. Ini menjadi tanggung jawab kita betapa pentingnya produk pertanian bagi imun tubuh,” tutupnya.

Baca juga: Ini Hasil SKD CPNS 2019 Kemenkumham Kanwil Sulawesi Tengah

Laporan: Muhammad Rafii

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.