Tanggul Jebol Picu Banjir Dua Desa di Wilayah Kecamatan Tomini

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Banjir di Tomini Utara

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Tanggul jebol memicu banjir di dua desa wilayah Kecamatan Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah pada Rabu 27 Juli 2022 sore hari.

Hujan deras menyebabkan Sungai Tomini mengalir ke pekarangan rumah warga dan menutupi badan Jalan Trans-Sulawesi hingga lutut warga. Banjir tersebut disebabkan oleh derasnya aliran Sungai Tomini.

Terkait hal ini memicu perhatian dari politisi Golkar Kabupaten Parigi Moutong Yusup SP.

“Saya sudah berkoordinasi dengan BNPB dan PU selaku petugas teknis terkait kebencanaan, sehingga dengan situasi yang muncul, diperlukan tindakan segera,” ucap Yusup

Baca: Cyber Polda Sulawesi Tengah Ringkus Pelaku Penipuan Online

Dia berkata. Sekretariat BNPB telah mengarahkan petugas lapangan di Tinombo untuk segera mengambil tindakan apa pun yang dianggap perlu sesuai dengan urgensi situasi banjir saat ini. Kata ketua komisi III DPRD Kab

Sementara itu, dia juga menyebutkan dua desa terdampak banjir, yakni Tomini Utara dan Tomini Barat.

Sudah menjadi urgensi pemerintah daerah untuk menangani bencana akibat banjir. Jelas Yusup.

Ia berharap BNPB segera turun ke lokasi untuk mendata rumah warga yang terendam banjir dan segera memberikan bantuan. Ia menambahkan, pemeriksaan sungai dan perbaikan tanggul sungai yang jebol bisa memicu banjir diperlukan oleh dinas terkait.

Karena itu, perlu dilakukan normalisasi sungai dan penambahan tanggul sungai beronjong. Saya khawatir jika banjir seperti itu berulang, itu bisa diatasi dengan bendungan sungai yang kuat. tandasnya. (*/Ikh)

Baca: Partai Nasdem Luncurkan Dua Mobil Ambulance di Parigi Moutong

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.