Taipa Kabupaten Poso, Diguncang Gempa Tektonik Magnitude 4,7

0
218
Taipa Kabupaten Poso, Diguncang Gempa Tektonik Magnitude 4,7
Rilis BMKG gempa Poso, Senin, 01 Juli 2019.

Gempa tidak berpotensi tsunami

Parimo, gemasulawesi.comTaipa Kabupaten Poso, diguncang gempa tektonik magnitude 4,7 skala richter.

Berdasarkan rilis BMKG, Senin, 01 Juli 2019, pukul 17:20 WITA. Wilayah Taipa Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 4,7 SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.77 LS-120.48 BT atau tepatnya berlokasi di darat. Delapan belas Km arah barat laut Taipa Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman sepuluh Km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi tersebut termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan II-III MMI di Poso. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Warga dapat melihat informasi detail melalui sumber BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi website yaitu www.bmkg.go.id.

Sementara itu, warga dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Sebelum Taipa Kabupaten Poso, Gempa Tektonik Landa Banggai Kepulauan

Sebelumnya, Gempa tektonik kembali melanda Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulteng, terjadi pada hari Sabtu, 29 Juni 2019, pukul 01:07 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). pusat gempa tektonik terletak pada koordinat 122,46° BT dan 1,97° LS.

Selanjutnya, gempa tektonik bermagnitudo 5,5 pada kedalaman 14 km, berjarak 97 km barat daya Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Sumber resmi: BMKG

Tinggalkan Balasan