Jumat, April 23, 2021

Surat Suara Pilkades Didistribusikan ke 58 Desa Parigi Moutong

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, distribusikan surat suara ke setiap Kecamatan yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak 2021.

“Untuk tahun ini ada sekitar 58 Desa dari 18 Kecamatan di Parigi Moutong yang akan melaksanakan Pilkades serentak,” ungkap Kepala Bidang Pemdes, DPMPD Parigi Moutong, Agus Salim, di ruang kerjanya, Jumat 26 Maret 2021.

Ia mengatakan, dalam pendistribusian surat suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan melaksanakan Pilkades, pihaknya melibatkan TNI-Polri untuk melakukan pengamanan.

Surat suara Pilkades Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, yang akan didistribusikan 118 TPS yang melaksanakan Pilkades serentak sekitar 61 ribu.

Baca juga: Pekan Depan, DPRD Parimo Hearing Pemda Terkait Pilkades 2021

“Dari 118 TPS itu terdapat tiga TPS yang berada di daerah terpencil yakni Desa Pebounang,Palasa Lembori dan Lombok,” sebutnya.

Kemudian, personel TNI-Polri yang dilibatkan mengawal proses pendistribusian surat suara pada Pilkades serentak berjumlah 135 orang.

Dan telah dilakukan pelepasan personel pengaman dengan menggelar apel bersama di Mako Polres Parigi Moutong.

Pihaknya hanya mendistribusikan surat suara ke setiap kecamatan kerena keterbatasan personel. Sementara proses pendistribusian surat suara memakan waktu sekitar satu hari saja.

Pilkades di Parigi Moutong, Tiga Kandidat Lawan Kotak Kosong

DPMPD Parigi Moutong juga mencatat Pilkades serentak 2021 terdapat tiga kandidat harus melawan kotak kosong.

“Tiga kandidat yang melawan kotak kosong itu terdapat di Desa Pande dan Sejoli, Kecamatan Moutong dan Desa Kertosari, Kecamatan Balinggi,” kata Kepala Bidang Pemdes, DPMD Parigi Moutong, Agus Salim saat konfirmasi Jumat Jumat 26 Maret 2021.

Ia menjelaskan, apabila ketika waktunya pemilihan tiba dan kotak kosong lebih unggul dari dari kandidat. Maka akan dilakukan penjaringan kembali dan penundaan Pilkades untuk sementara waktu.

“Kemudian akan dilanjutkan pada pemilihan kembali dengan beberapa mekanisme yang telah diatur undang-undang,” jelasnya.

Pihaknya juga mengatakan, surat suara yang didesain dalam untuk kotak kosong agak sedikit berbeda dengan desain surat suara pada umumnya.

“Misalnya, di surat suara hanya dilampirkan satu foto calon kepala desa. Kemudian di bawah foto itu terdapat tulisan setuju dan tidak sejutu,” tandasnya.

Baca juga: Maret 2021, Pelaksanaan Pilkades Serentak di Parimo

Laporan: Aldi

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article