Suntik Satu Juta Vaksin Sehari Terhambat PPKM Darurat

waktu baca 2 menit
Foto: Penyuntikan vaksin covid 19.

Berita nasional, gemasulawesi– Pencapaian vaksinasi covid 19 empat hari terakhir mengalami penurunan, terhambat pembatasan mobilitas diberlakukan pemerintah saat ini. Sehingga, target suntik satu juta vaksin sehari pada bulan Juli belum terpenuhi.

“Itu karena situasi penularan yang tinggi ini. Masyarakat juga fokus pada kelompok yang sakit, otomatis pembatasan juga sedikit mengganggu masyarakat yang akan vaksin,” ungkap Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Selasa 6 Juli 2021.

Berdasarkan data harian Satgas Penanganan covid 19, target suntik satu juta vaksin sempat tercapai pada 1 Juli, ada penyuntikan 1.063.908 dosis dalam sehari.

Kemudian, jumlah target suntik satu juta vaksin mengalami penurunan pada 2 Juli kemarin, hanya ada penyuntikan 853.379 dosis vaksin sehari.

Target suntik satu juta vaksin kembali turun pada 3 Juli, yakni menjadi 834.044 dalam sehari.

Jumlah target suntik satu juta vaksin, lagi-lagi turun pada 4 Juli. Yakni hanya 547.337 sehari. Selanjutnya mengalami penurunan drastis ditanggal 5 Juli dengan jumlah 294.893 dosis vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat.

Baca juga: 24 Ribu Jiwa Sudah Disuntik Vaksin Covid 19 di Parigi Moutong

Merujuk data Kemenkes per Selasa 6 Juli 2021, 33.176.029 orang telah menerima suntikan vaksin covid 19.

Baru ada 14.267.980 orang telah menerima dua dosis suntikan vaksin covid 19 di Indonesia.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Instruksikan PTM Terbatas Ditunda

Dengan demikian, vaksinasi baru menyentuh 18,27 persen dari total sasaran vaksinasi dosis pertama. Sementara penyuntikan dua dosis vaksin baru mencapai angka 7,85 persen.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes itu pun menyebut pihaknya akan berupaya terus menggenjot vaksinasi lebih banyak lagi pada hari kerja, guna menambal jumlah vaksinasi yang sedikit di akhir pekan.

“Jadi kami tetap dorong agar sampai 1 juta dosis setiap harinya,” ujarnya.

Baca juga: Kemenkes Putuskan Disdik dan Sekolah Laksanakan Vaksinasi Anak

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ingin pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bisa naik hingga 5 juta suntikan per hari. Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai menggelar rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito, dan sejumlah pejabat lain pada Selasa 6 Juli 2021.

“Presiden mengharapkan agar 1 juta vaksinasi pada Juli ini bisa terus dicapai. Beliau mengatakan, pada Agustus target vaksinasi harus mencapai 2 juta per hari,” ujar Budi dalam konferensi pers secara daring lewat YouTube Sekretariat Presiden.

“Dan beliau juga ingin kalau bisa dinaikkan sampai 5 juta (per hari),” tutupnya. (***)

Baca juga: Pengadaan 3 Juta Dosis Vaksin Sinovac Telan Anggaran 633 milya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.