Pemdes Sunat Honor Kader Desa Bolano Parigi Moutong, Apa Alasannya?

Pemdes Sunat Honor Kader Desa Bolano Parigi Moutong Sulawesi Tengah Sulteng, Apa Alasannya?
Ilustrasi sunat honor kader desa.

Berita parigi moutong, gemasulawesiKader Desa Bolano Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah (Sulteng) protes kepada Pemdes karena sunat honor mereka.

Pasalnya, langkah sunat honor Kader Desa Bolano Parigi Moutong itu, tanpa melalui prosedur Musyawarah desa dan tidak jelas peruntukannya.

Read More

“Sebanyak 19 Kader Desa mendapat pemangkasan honor dari Pemdes Bolano Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Diantaranya, empat orang Kader Penyakit Menular (PTM), lima orang kader Lansia dan sepuluh Orang Kader Balita,” ungkap kader yang enggan dikorankan namanya, Sabtu 16 Mei 2020.

Alasan Pemdes Bolano Parigi Moutong Sulteng melakukan pemangkasan kata dia, adalah saat mengajukan rancangan APBDes terkait anggaran honor kepada Pemerintah Kecamatan melalui Sekcam, mendapatkan penolakan.

Pemdes berdalih, Pemerintah Kecamatan yang telah menolak rincian honor kader dalam APBDes sesuai Juknis senilai Rp 350 ribu.

Pemerintah Kecamatan menganggap honor itu terlalu tinggi. Sehingga, Pemdes Bolano Parigi Moutong Sulteng mencoret nilai anggaran itu dan menggantinya dengan nilai Rp 250 ribu setiap bulan.

“Total pemotongan honor itu selama empat bulan, mulai bulan Januari hingga April 2020,” jelasnya.

Seharusnya kata dia, Pemdes Bolano Parigi Moutong Sulteng ketika ingin melakukan pemangkasan honor, sebaiknya jauh hari sebelumnya sudah harus ada pemberitahuan atau rapat musyawarah perubahan aturan.

Sehingga, seluruh kader tidak terkejut saat menerima honor. Dan bisa menerima alasan mengapa bisa terjadi pemangkasan honor sejumlah Rp 100 ribu per bulannya.

“Apa alasannya honor seluruh kader dikurangi,” tanya kami saat menemui Kepala Desa Bolano usai honor berada ditangan.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Bolano Lambunu Purnama saat dikonfirmasi terkait pengajuan APBdes itu menjawab, tidak pernah melakukan pengurangan. Bahkan, menerima pengajuan APBDes dari Desa Bolano.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.