Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Sulteng Potensi Hujan 20 Hari Kedepan, BMKG Bagi Zona Cuaca Buruk

Sulteng Potensi Hujan 20 Hari Kedepan, BMKG Bagi Zona Cuaca Buruk
Foto: Salah satu lokasi banjir di Sigi Sulawesi Tengah. (Aksi Cepat Tanggap)

GemasulawesiBMKG bagi zona cuaca buruk respon potensi Provinsi Sulteng hujan selama 20 hari kedepan.

“Zona wilayah dibagi berstatus awas, waspada dan siaga menghadapi potensi cuaca buruk,” Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Nur Alim via sambungan telepon, di Kota Palu, Rabu 1 September 2021.

BMKG bagi zona cuaca buruk wilayah kategori waspada, berkosentrasi di Parigi Moutong, Tolitoli, Buol, Banggai, Morowali dan Morowali serta Kabupaten Donggala.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tengah 20 Januari 2021

Lalu status awas atau kategori potensi hujan lebat yakni wilayah Kabupaten Sigi, Poso dan Tojo Una-Una.

“Wilayah masuk kategori waspada tentunya perlu di waspadai yakni lereng pada jalur transportasi darat di kawasan pengunungan seperti jalur Trans Sulawesi Palu-Parigi atau jalur kebun kopi, lalu jalur Trans Sulawesi Pantai Barat di Kabupaten Donggala yang bisa berpotensi terjadi longsor,” sebut Alim.

Ia menuturkan, pada zona berstatus awas, BMKG masih berkosentrasi di wilayah Kecamatan Kulawi dan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, kemudian wilayah-wilayah rendah pesisir pantai Kabupaten Poso dan Tojo Una-Una sebagai mana pantauan dari citra satelit.

“Pada wilayah kategori awas berpotensi banjir bandan dan longsor, oleh karena itu perlu kewaspadaan dini warga di wilayah-wilayah yang kami maksud,” ucapnya.

Ia menambahkan, Kota Palu saat ini berstatus normal meskipun hujan masih mengguyur dengan intensitas lebat, sedang maupun ringan.

Baca juga: BPBD Minta Warga Palasa Waspadai Aktivitas Gempa Terkini

BMKG himbau genangan air di perkotaan

Meski begitu, BMKG juga mengimbau agar warga di perkotaan senantiasa tetap waspada genangan air serta tetap memperhatikan kebersihan lingkungan terutama pada saluran air.

“Artinya, kita jangan mengabaikan hal-hal kecil. Justru hal kecil bisa memicu genangan air meskipun tidak membahayakan kondisi keselamatan, tetapi bisa mengganggu aktivitas warga,” tuturnya.

BMKG menyebut wilayah Provinsi Sulteng masih potensi hujan hingga 20 hari ke depan di Bulan September 2021.

“Iya, provinsi ini masih sangat berpotensi hujan baik intensitas lebat, sedang maupun ringan hingga dasarian kedua di Bulan September,” jelasnya berdasarkan edaran Deputi Klimatologi BMKG Pusat per tanggal 23 Agustus lalu menjadi pedoman memprediksi cuaca 20 hari ke depan untuk diinformasikan ke publik. (**)

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tengah 12 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post