Sukseskan Program Samistan, PUM Setda Parimo Laksanakan Monev


Sukseskan Program Samistan, PUM Setda Parimo Laksanakan Monev
Kabag PUM Setda Parimo, Krisdaryadi Ponco Nugroho (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.com Sukseskan program Satu miliar satu kecamatan (Samistan), bagian Pemerintahan Umum (PUM) Sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Parigi moutong (Parimo) melakukan monitoring dan evaluasi Pemerintah kecamatan.

Evaluasi dilaksanakan untuk mengawal serta melakukan pembinaan kepada Pemerintah kecamatan terkait program Samistan Parigi Moutong.

“Program Samistan Parigi Moutong merupakan salah satu visi program dari Bupati dan Wakil Bupati, sehingga perlu pengawasan dan pembinaan secara berkelanjutan,” ungkap Kepala bagian (Kabag) PUM Setda Parimo, Krisdaryadi Ponco Nugroho, di ruang kerjanya, Selasa, 24 September 2019.

Ia melanjutkan, kegiatan evaluasi program Samistan kepada Pemerintah kecamatan telah dilaksanakan pada minggu ketiga Bulan September 2019. Dari hasil evaluasi, semoga Pemerintah kecamatan dapat konsisten menjalankan salah satu program utama Parimo.

Baca juga: Terima Anggaran 1 Miliar, PUM Sarankan Kecamatan Lakukan Monev

Diketahui, masing-masing kecamatan menerima anggaran Satu Miliar Rupiah. Namun, yang dikelola langsung sebesar 500 juta saja. Porsi anggaran yang diterima pemerintah kecamatan itu, merupakan belanja langsung kebutuhan masing-masing kecamatan.

Jadi Pemerintah kecamatan lanjut dia, sifatnya hanya mengusulkan aspirasi masyarakat dalam Musrenbang. Dan pelaksanaan programnya berada di OPD teknis yang telah diatur Bappelitbangda Parimo.

“Saat ini program Samistan yang sedang berjalan antara lain pembangunan tiga rumah jabatan camat di Kecamatan Sausu, Tinombo dan Sidoan,” terangnya.

Selanjutnya, kegiatan Samistan yang lain berupa penambahan ruang kerja Kecamatan Moutong dan Lambunu. Kemudian, kegiatan pembuatan pagar untuk Kecamatan Amphibabo, Bolano dan Taopa.

Dari hasil evaluasi kegiatan yang sementara berjalan kata dia, diharapkan proses pembangunan berjalan sesuai dengan spesifikasi teknis dan pencapaian progress waktu. Pihaknya menargetkan penyelesaian kegiatan program Samistan di seluruh kecamatan dapat selesai pada minggu pertama di bulan Desember 2019.

Ia menambahkan, dengan adanya rumah jabatan yang sementara dibangun, camat yang berdomisili dari luar wilayah, diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas dengan maksimal sehingga tidak lagi bertempat tinggal di luar wilayah kerja.

“Jadi, dalam APBD Kabupaten Parimo tahun anggaran 2019, Pemda merealisasikan anggaran sebesar 23 Miliar Rupiah untuk 23 titik kecamatan, yang direncanakan sejak tahun 2018,” tutupnya.

Baca juga: Hasil Evaluasi Nasional LPPD, Parimo Terbaik Kedua Di Sulteng

Laporan: Muhammad Rafii


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Gema

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Share via
Share this