Kota Palu Segera Luncurkan Stimulan Bencana Tahap Tiga

Kota Palu Sulawesi Tengah Sulteng Segera Luncurkan Stimulan Bencana Tahap Tiga
Kota Palu Segera Luncurkan Stimulan Bencana Tahap Tiga. Wali Kota Palu saat ramah tamah di Palu, Minggu 26 Juli 2020.

Berita kota palu, gemasulawesiWali Kota Palu menyebut akan segera meluncurkan stimulan bencana tahap tiga.

“Beberapa hari kedepan, saya akan menandatangani pengajuan stimulan bencana tahap tiga Kota Palu, yang merupakan tahap terakhir,” ungkap Wali Kota Palu Hidayat, saat menghadiri ramah tamah bersama Tim Pendamping Percepatan Pembangunan Perumahan (TP4) kelurahan Silae, di Palu, Minggu, 26 Juli 2020.

Read More

Ia mengatakan, diharapkan warga yang belum mengajukan stimulan, agar segera mengajukannya ke pihak BPBD Kota Palu.

“Semoga tidak ada lagi data yang salah,” harapnya.

Ia menjelaskan, bencana alam Gempa, Tsunami, dan Likuifaksi yang melanda Kota Palu tahun 2018 silam. Telah mengakibatkan kerusakan rumah warga sekitar 47 ribu lebih berdasarkan data yang dihimpun saat awal-awal pasca bencana lalu.

Namun, seiring berjalannya proses pengajuan dana stimulan rumah rusak, terjadi kesalahan karena mantan Kepala BPBD kota Palu sebelumnya, Presly Tampubolon tidak menjalankan apa yang telah diperintahkan Wali Kota berkaitan dengan data rumah rusak warga.

“Kita serahkan data itu ke BPBD kota Palu untuk sesegera mungkin divalidasi dengan Dinas Dukcapil kota Palu untuk mencocokkan NIK dan NOK-nya. Sempat terjadi miskordinasi, Kepala BPBD Kota Palu saat itu justru membuka pendaftaran ulang secara online akhirnya banyak NIK yang salah,” ungkapnya.

Akhirnya, saat pemaparan di hadapan BNPB Pusat ia mengatakan, justru data yang tercatat untuk rumah rusak adalah sebanyak 38.805. Berbeda jauh dengan data yang telah dihimpun saat awal-awal pasca bencana lalu.

“Saya katakan kepada BNPB agar data ini jangan dikunci karena data rumah rusak masih ada. Namun, faktor dari Kementerian Keuangan RI sudah akan mencairkan stimulannya, maka data 38.805 tadi kita perbaiki selama satu bulan,” katanya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.