Parimo Dapat Bantuan Satu Unit Speed Boat Ambulans


Parimo Dapat Bantuan Satu Unit Speed Boat Ambulans Luas Perairan Daerah Bupati Parigi Moutong
(Foto: Bupati dan Sekda Parigi Moutong mengetes Speed Boat Ambulans bantuan dari Kemenkes RI, di Desa Tinombo, Jumat 7 November 2020)

Berita parigi moutong, gemasulawesiDinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah dapat bantuan satu unit speed boat ambulans.

Parimo dapat bantuan speed boat ambulans dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,” ungkap Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, di Desa Tinombo, Sabtu 7 November 2020.

Ia mengatakan, keberadaan speed boat ambulans ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong khususnya para nelayan.

Pasalnya, Kabupaten Parigi Moutong memiliki luas perairan daerah. Mulai dari Maleali Kecamatan Sausu hingga Desa Sijoli Kecamatan Moutong.

Baca juga: Meninggal, KPU Sebut Posisi Cawabup Banggai Laut Bisa Diganti

“Perairannya sangat luas, maka tepat keberadaan speed boat ambulans di Parimo,” tuturnya.

Dengan adanya armada speed boat ambulans super cepat ini kata dia, ia berharap Dinas Kesehatan mampu meningkatkan pelayanan bidang kesehatan agar semakin maksimal dan efisien.

Speed boat ambulans ini, bisa menjadi solusi pada saat situasi darurat. Seperti nelayan yang mengalami musibah di tengah laut atau masyarakat yang melakukan perjalanan melalui jalur laut.

“Ambulans laut ini telah dilengkapi dengan kecepatan yang optimal dan beragam peralatan penunjang kesehatan,” urainya.

Baca juga: Speed Boat Karam, Cawabup Banggai Laut Sulawesi Tengah Tewas Tenggelam

Sehingga, armada itu dapat diandalkan dalam memberikan pertolongan pertama serta perawatan kepada pasien.

Ia berpesan kepada Dinas Kesehatan sebagai Perangkat Daerah teknis yang akan mengoperasikan agar speed boat ambulans ini dapat disiagakan 24 jam.

Serta, menjaga dan merawat aset kesehatan yang berharga ini. Sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

Usai penyerahan secara simbolis, Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu dan Sekretaris Daerah H Ardi S.Pd., MM turun langsung melakukan test ride speed boat bantuan itu.

Baca juga: Basarnas Palu Kerahkan Kapal Cari Korban Speed Boat Karam

Letak dan Luas Wilayah

Speed boat itu dibutuhkan untuk mencakup wilayah Kabupaten Parigi Moutong memiliki luas wilayah 6.231,85 Ha, luas perairan daerah dengan panjang Garis Pantai ± 472 Km, terbentang dari Desa Maleali Kecamatan Sausu Sampai Desa Sejoli Kecamatan Moutong. Memiliki 23 Kecamatan, 278 Desa dan 5 Kelurahan.

Kabupaten Parigi Moutong berada pada ketinggian 0 – 2900 m dpl dan garis pantai yang memiliki bibir pantai sepanjang 472 km di Teluk Tomini membentang dari ujung Kecamatan Sausu di bagian selatan hingga Kecamatan Moutong yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo di sisi utara.

Landform wilayah Kabupaten Parigi Moutong terdiri dari dataran rendah dan perbukitan serta pegunungan yang membentang sepanjang pantai dari utara sampai selatan dengan ketinggian rata-rata di atas permukaan laut (15 -375) m.

Baca juga: Banggai Laut Sulawesi Tengah Dapat 166 Alokasi Formasi CPNS 2019

Laporan: Muhammad Rafii


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Rafii

Penulis

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Share via
Share this