Soal Penempatan Posisi Pejabat, Ini Tupoksi Ortal

0
327
Soal Penempatan Posisi Pejabat, Ini Tupoksi Ortal
Illustrasi ASN

Parimo, gemasulawesi.com– Soal penempatan posisi pejabat daerah, Organisasi tata laksana (Ortal) Sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Parigi moutong (Parimo), mengaku bukan sebagai penentu penempatan seorang pejabat.

Hal itu disampaikan Kepala bagian (Kabag) Ortal, Sekretariat daerah (Setda) kabupaten Parimo, Tasrif, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Jumat, 23 Agustus 2019.

“Kalau kami tidak bicara subyeknya. Soal penempatan posisi pejabat di setiap OPD, itu kewenangannya BKPSDM bukan kami di Ortal,” tegasnya.

Dia mengatakan, tugas Ortal terkait hal itu, hanya sampai pada Analisis jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) atas posisi jabatan ASN nantinya.

Hal itu kata dia, sesuai dengan tiga tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) bagian Ortal Setda Parimo yaitu, membuat uraian tugas, membuat peta jabatan, dan analisis jabatan.

“Hanya itu saja tugas kami, terkait Anjab sudah jelas berdasarkan PP Nomor 11 tahun 2017. Ibarat kata, Ortal menyiapkan rumahnya,” terangnya.

Dia mencontohkan analisis jabatan pejabat eselon III untuk jabatan Sekretaris dinas (Sekdis) di Dinas peternakan.

Berdasarkan aturan lanjut dia, syarat untuk jabatan sekretaris minimal pendidikan Strata satu, pernah mengenyam diklat kepemimpinan dan diklat teknis.

Kemudian, menguasai manajemen kepegawaian serta pengalaman dibidang kesekretariatan minimal dua tahun.

“Jadi bukan soal personnya, tapi wajib memenuhi syarat yang dibutuhkan sebuah jabatan,” jelasnya.

Ditanya terkait data kekosongan posisi jabatan saat ini di sejumlah OPD di Parimo, dia mengaku data tersebut ada di BKPSDM.

“Kami melakukan Anjab, berdasarkan posisi jabatan yang diajukan BKPSDM. Kemudian hasil Anjab itu diserahkan kembali ke BKPSDM untuk menempatkan pejabat yang sesuai,” tutupnya.

Sebelumnya, BKPSDM seakan tertutup dengan data pejabat daerah di Parimo. Padahal, media ini sudah menjalankan mekanisme bersurat sesuai arahan Kabid Informasi dan kinerja aparatur BKPSDM Parimo, Aktorismo Kay.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, data pejabat di Parimo tidak kunjung diberikan.

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

Tinggalkan Balasan