Situs Kerajaan Moutong Yang Tetap Lestari

Situs Kerajaan Moutong di Parigi Moutong Yang Tetap Lestari
Situs Kerajaan Moutong di Parigi Moutong Yang Tetap Lestari

Parigi moutong, gemasulawesi.com –Terletak di ibu kota Kecamatan Tinombo, situs peninggalan Kerajaan Moutong menjadi salah satu objek pelestarian sejarah di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).
“Tak satu pun situs sejarah peninggalan kerajaan di Parigi Moutong luput dari inventarisir Disporapar sebagai upaya melestarikan,” ungkap Kepala bidang Pariwisata Disporapar Kabupaten Parigi Moutong, Mohamad Rusmin, di ruang kerjanya, Selasa 24 Maret 2020.
Ia mengatakan, upaya pelestarian peninggalan sejarah Kerajaan Moutong sudah sejak lama dilakukan Disporapar Parigi Moutong.
Berdasarkan data yang dimiliki Disporapar Kabupaten Parigi Moutong, Kerajaan Moutong merupakan salah satu situs sejarah yang tetap dilestarikan.
Sangat banyak sejarah terkait Kerajaan Moutong yang perlu tetap terjaga kelestariannya, agar dapat diwariskan dan dipelajari buat generasi berikutnya.
Berikut ini, catatan singkat sejarah Kerajaan Moutong yang hingga kini menjadi salah satu situs sejarah di Kabupaten Parigi Moutong.
Letak peninggalan sejarah Kerajaan Moutong yang berada di Kecamatan Tinombo berjarak kurang lebih 160 Km dari ibu kota Kabupaten Parigi Moutong.
Situs sejarah itu merupakan peninggalan Raja Kuti Tombolotutu yang berkuasa sejak tahun 1929 hingga wafat pada 1965.
Dimasa kepemimpinannya, Raja Kuti Tombolotutu berdasarkan catatan sejarah mampu menguasai Kerajaan Tomini dan Moutong.
Ditambah lagi, bukti sejarah itu diperkuat dengan masih banyaknya peninggalan dalam dalam peninggalan Kerajaan Moutong.
Tak heran, masyarakat yang hobi berwisata budaya kerap kali mengunjungi situs sejarah yang letaknya sangat dekat dengan jalur trans sulawesi di Kecamatan Tinombo.
Dalam peninggalan Kerajaan Moutong, pengunjung dapat melihat benda-benda peninggalan sejarah berupa dua buah senjata meriam, perlengkapan rumah tangga dan pakaian kerajaan hingga foto dokumentasinya.
Menariknya, terdapat pula makam Raja Kuti Tombolotutu yang berada tidak jauh dari letak Kerajaan Moutong.
Selain peninggalan Kerajaan Moutong, situs sejarah yang masuk dalam daftar wisata budaya juga masih banyak dan bisa dijumpai di Kabupaten Parigi Moutong.
Diantaranya situs sejarah Kerajaan Parigi yang banyak memiliki peninggalan sejarahnya.
Mulai dari makam raja hingga benda-benda yang sering digunakan kerajaan pada masa lampau.

Baca juga: Berikut Pengumuman Hasil SKD CPNS Kemenag Formasi 2019
Laporan: Roy L

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.