Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Situasi Covid19 di Parigi Moutong Masih Genting

Situasi Covid19 di Parigi Moutong Masih dalam Resiko
Foto: Sekda Parimo, Zulfinasran Ahmad.

Gemasulawesi– Sekda Zulfinasran Achmad mengatakan, situasi covid19 di Provinsi Sulawesi Tengah maupun Kabupaten Parigi Moutong masih dalam resiko sangat tinggi, selama pencapaian vaksinasi masih sangat rendah.

“Sesuai data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, kasus covid19 pada tahun 2020 hingga 02 September 2021, sebanyak 43.050 jiwa, dengan kematian 1.388 jiwa (cfr 3,22%). Sedangkan Parigi Moutong sebanyak 4.172 jiwa, dengan kematian 119 jiwa (cfr 2,9%),” ungkap Zulfinasran, saat menghadiri sosialisasi dan koordinasi lintas sektor dalam rangka upaya percepatan pengendalian penanggulangan kasus covid19 Dinas Kesehatan Parigi Moutong, bertempat di Hotel Anutapura, Jumat 3 September 2021.

Dia mengatakan, dalam upaya menekan lajunya peningkatan kasus covid19, tim kesehatan bekerja sama bersama TNI dan Polri, melakukan testing dan tracking yang dibuat dalam surat keputusan Puskesmas wilayah kerja masing-masing.

Baca juga: Satgas Minta Partisipasi Camat di Parimo Dorong Warga Ikut Vaksinasi

“Kegiatan yang dilakukan saat ini, merupakan kegiatan penting dalam rangka memperkuat pelaksanaan surveilans covid19,” kata dia.

Penanganan penyebaran covid19 kata dia, dibutuhkan dukungan dari masing-masing pihak terkait dan terhubung dalam satu arah tujuan, dengan meningkatkan koordinasi serta kerjasama tim dilapangan untuk pencegahan situasi covid19.

Salah satu strategi yang dilakukan di Kabupaten Parigi Moutong yaitu, membuka gerai vaksinasi massal di 23 Puskesmas dibantu TNI dan Polri, untuk mengumpulkan masyarakat dengan target harian masing-masing gerai sebanyak 300 dosis. Harapannya, pada akhir tahun 2021 target ditetapkan dapat tervaskinasi seluruhnya.

“Walaupun Kabupaten Parigi Moutong terkendala terbatasnya logistik yang terdistribusi, kami yakin akan menyelesaikan tepat pada waktunya,” tuturnya.

Baca juga: Angka Partisipasi Pemilih Parimo Meningkat Empat Persen

Satgas Minta Partisipasi Camat di Parimo Dorong Warga Ikut Vaksinasi

Sebelumnya, dalam Rakor penanganan dan percepatan vaksinasi covid19, satgas minta partisipasi camat dorong warga segera ikut vaksinasi.

“Seluruh komponen terkait harus lebih meningkatkan kinerja dalam penanganan Covid19,” ungkap Ketua Satgas Penanganan covid19 Parimo, H Samsurizal Tombolotutu, di Aula Pantai Lolaro, Kecamatan Tinombo, Parimo, Rabu 1 September 2021.

Menurut dia, covid19 adalah permasalahan serius harus diselesaikan secara bersama dengan stakeholder.

Selain itu kata dia, seluruh pihak harus lebih bertanggung jawab atas tugas-tugasnya, khususnya pelaksanaan vaksinasi diprogram pemerintah kepada masyarakat.

“Mari kita sukseskan program nasional dalam hal pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat,” tutupnya.

Baca juga: Sekda Harap Investasi Bisa Serap Tenaga Kerja Lokal

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post