Parigi Moutong Bangun Sistem IK2PK Berbasis Desa

Parigi Moutong Bangun Sistem IK2PK Berbasis Desa Sulawesi Tengah Sulteng
Ilustrasi pembangunan daerah

Berita parigi moutong, gemasulawesiHadapi dampak pandemi virus corona dan penanganan pasca covid-19, Pemda Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah (Sulteng) bangun sistem Informasi Ketahanan dan Kerentanan Pangan serta Kesehatan atau IK2PK berbasis desa.

“Perlu untuk melakukan persiapan dan rencana aksi pemulihan ekonomi, sosial dan kesehatan serta untuk mempermudah dalam menyusun kebijakan,” ungkap Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong Sulawesi Tengah, saat video conference rapat konsolidasi awal bersama Dinas Ketahanan Pangan Parimo dan Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W)-IPB University, Senin 18 Mei 2020.

Read More

Pemda Parigi Moutong Sulawesi Tengah bekerjasama dengan P4W IPB University akan membangun sistem IK2PK berbasis desa.

Pemda menyadari dampak paling besar dan paling rentan terhadap pandemi virus corona adalah warga pedesaan, baik secara kesehatan, ekonomi dan sosial.

Dengan melihat dari sebagian besar wilayah Kabupaten Parigi Moutong Sulteng merupakan kawasan pedesaan. Sehingga, memerlukan perhatian yang serius dalam mengantasipasi pandemi virus corona termasuk upaya recovery pasca corona.

“Permasalahan kemiskinan yang saat ini menjadi momok akan semakin berdampak dengan adanya pandemi ini,” tuturnya.

Bahkan tidak menutup kemugkinan, akan adanya penambahan jumah warga miskin baru. Pengaruh atas kehilangannya mata pencaharian maupun menurunnya nilai jual dan beli di masyarakat.

Kegiatan perekonomian pedesaan yang berbasis pertanian, sebagian besar pemasaranya ke kota.

Sementara, dengan kondisi pandemi ini perekonomian semakin turun sedikit banyak akan berpengaruh pada permintaan (demand) produk-produk dari desa. Sehingga, akan berimbas pada perekonomian desa di Parigi Moutong Sulteng.

“Permasalahan lainnya adalah masih terbatasnya fasilitas dan akses kesehatan juga menjadi salah satu permasalahan di desa,” jelasnya.

Ia melanjutkan, atas dasar kondisi itu, perencanaan dan penerapan kebijakan yang tepat sasaran sangat diperlukan dalam rangka mengantisipasi dampak pandemi lebih meluas.

Kebijakan yang tepat sasaran kata dia, memerlukan data yang akurat, update dan terpercaya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.