Simak Tips Berikut untuk Lebih Produktif Saat Bekerja

waktu baca 3 menit
Souce: https://www.pexels.com/photo/businessman-man-people-woman-7213072/

Memiliki waktu 24 jam dalam sehari terkadang dirasa kurang dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk mengatasi pekerjaan yang tidak ada habisnya ini, diperlukan tips produktif kerja dengan manajemen waktu yang baik sehingga bisa bekerja lebih produktif dalam periode waktu yang sudah ditetapkan.

Apalagi saat ini keberadaan media sosial, game, dan internet secara umum adalah godaan terbesar untuk seorang pekerja yang sedang melaksanakan WFH (Work from Home). Bahkan, bekerja dari rumah akan terasa lebih berat untuk sebagian orang dibandingkan bekerja dari kantor. Oleh karena itu, penting adanya tips produktif kerja bagi Anda untuk membuat sebuah penyesuaian dalam sehari-hari untuk melihat peningkatan yang signifikan dalam tingkat produktivitas.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan produktivitas yang berpengaruh pada performa saat bekerja.

Hindari multitasking

Hal yang menarik pastinya untuk bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus, apalagi yang dikira kecil atau mudah. Namun, Anda direkomendasikan untuk bisa fokus menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu untuk hasil yang lebih optimal. Bahkan menurut penelitian, mengerjakan pekerjaan secara multitasking justru bisa menurunkan tingkat produktivitas, mulai dari pekerjaan yang lebih lama selesai hingga tingkat stres yang meningkat.

Buat daftar prioritas

Jika Anda memiliki list pekerjaan yang harus dilakukan dan tidak sedikit jumlahnya, tidak perlu panik. Anda bisa mulai dengan mengatur pekerjaan dari yang paling mendesak sampai yang paling tidak mendesak. Cara sederhananya, buatlah skala prioritas di laptop atau smartphone Anda dan kerjakan pekerjaan satu per satu supaya lebih fokus. Dengan begitu, Anda tidak akan kewalahan dan mampu menyelesaikan tanggung jawab Anda tanpa panik karena sudah dekat dengan tenggat waktu.

Bisukan notifikasi

Bukan notifikasi e-mail kerja, tetapi atur notifikasi media sosial pada laptop supaya tidak muncul saat Anda sedang fokus bekerja. Satu tip yang bisa Anda terapkan adalah dengan keluar dari akun-akun media sosial dan kembali masuk saat jam kerja sudah selesai. Selain itu, Anda juga bisa membuat profil pengguna berbeda pada laptop Anda, untuk bekerja dan hiburan. Dengan begitu, Anda akan fokus saat bekerja dan bisa tetap relaks saat sedang refreshing.

Istirahat yang cukup

Jangan mengira bekerja dalam waktu yang lama akan menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus. Bahkan seseorang cenderung menghasilkan produktivitas lebih rendah saat tidak beristirahat sama sekali, ketimbang orang yang beristirahat 10-15 menit setiap menyelesaikan satu tugas. Anda bisa beristirahat dengan menyesap kopi atau the favorit, jalan-jalan ringan, atau melakukan stretching untuk meregangkan punggung dan kaki yang kurang gerak selama bekerja.

Bagi tugas besar menjadi tugas-tugas kecil

Terkadang membuat to-do-list bisa menjadi rancu, sebab pekerjaan yang harus dilakukan dalam satu poin memakan banyak waktu karena terdiri dari beberapa tugas kecil lain. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa membagi satu tugas besar menjadi beberapa poin kecil untuk memaksimalkan waktu kerja Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan merasa puas dan termotivasi setelah menyelesaikan pekerjaan satu per satu.

Maksimalkan program yang diperlukan

Menggunakan alat yang tepat dalam bekerja adalah sebuah hal yang krusial. Anda bisa memanfaatkan program yang ada untuk membuat pekerjaan jadi lebih efisien, alih-alih menghabiskan waktu mengerjakan semua hal secara manual. Misalnya, Anda bisa menggunakan program Microsoft Excel untuk melakukan perhitungan dan pendataan yang lebih efisien.

Minum air putih yang cukup

Tidak jarang para pekerja lupa minum air putih yang cukup akibat terlalu fokus dengan tugasnya. Banyak pula yang akhirnya mengonsumsi kopi atau teh untuk dorongan kafein yang bisa membantu tetap terjaga saat bekerja. Padahal, yang diperlukan adalah konsumsi air putih yang cukup untuk seharian. Maka dari itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan botol minum di tempat yang sering Anda lihat seperti di atas meja atau di sebelah laptop ya. (Adv)

Baca juga: Bantuan Produktif Usaha Mikro, April 2021 Batas Pendataan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.