Sidang Hantje vs Bupati Parigi Moutong, Terungkap Nico cs Minta Dana Untuk Mahar Partai

  • Whatsapp
Sidang Hantje vs Bupati Parigi Moutong, Terungkap Nico cs Minta Dana Bayar Partai
Illustrasi permintaan dana kepada Hantje untuk Bupati Parigi Moutong untuk membayar partai pada kontestasi Pilkada Parigi Moutong tahun 2017-2018, GemasulawesiFoto.

KuTu, gemasulawesi.com Terungkap kesaksian dalam lanjutan sidang perseteruan pengusaha Hantje Yohanis versus Bupati Parigi Moutong (Parimo), Samsurizal Tombolotutu, Nico Rantung cs meminta dana untuk membayar partai.

Mengejutkan, permintaan dana kepada pengusaha terkenal di Sulawesi Tengah itu tidaklah sedikit. Jumlahnya mencapai angka miliaran Rupiah. Dari penuturan seorang saksi yang dihadirkan kuasa hukum Hantje, angka sekitar empat Miliar Rupiah menjadi fakta persidangan.

Bacaan Lainnya

Saksi yang dihadirkan ke persidangan itu bernama Lukman. Ia dengan lugas menerangkan rangkaian kejadian yang disaksikan secara langsung pada tahun 2017 silam.

Dalam sidang, diuraikan pertemuan pertama antara Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu dan Hantje Yohanis yang disaksikan Lukman. Yaitu pertemuan di Rumah Makan Ikan Mas Kabupaten Sigi Biromaru. Pertemuan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017.

Menurut Lukman, pertemuan itu awal dari rangkaian sebelum Nico cs meminta dana kepada Hantje.

Terlihat dalam pertemuan itu, ada beberapa sosok yang dia kenali menghadiri pertemuan. Antara lain, Yanto, Arifin Amat, Nico Rantung dan lainnya.

Baca juga: Komisaris TMJ Ungkap Transfer Dana Kepada Tim Sukses Samsurizal

Namun sayangnya, Lukman tidak bisa mengetahui dengan jelas apa yang menjadi isi pembicaraan saat itu. Jarak antara meja pertemuan mereka dengan Lukman yang jauh, yang menjadi alasan sulit mendengar alur percakapannya.

Pertemuan kedua pun kembali dilaksanakan. Saat itu pertemuan dilaksanakan di warung kopi depan SMA Negeri Satu Palu. Pengusaha Hantje Yohanis dan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu kembali bertemu.

Namun, Nico Rantung yang mengatakan kepada Hantje terkait kebutuhan dana untuk bayaran partai politik. Katanya mengisahkan, Nico mencoba meyakinkan Hantje, kebutuhan dana itu sifatnya mendesak.

Kebutuhan dananya cukup banyak, sekitar empat Miliar Rupiah. Apalagi katanya untuk membayar partai agar dapat ikut kontestasi Pilkada tahun 2017.

Menariknya, Nico Rantung dengan gagahnya mau pasang badan atau istilah lainnya jadi tameng jika dana miliaran Rupiah itu tidak sampai segera dibayarkan kembali.

Lukman menilai kapasitas Nico Rantung dalam pertemuan itu sebagai orang dekat dan tim sukses Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu.

Sehingga, permintaan dana serta pernyataan pasang badan dari Nico Rantung dianggap valid sebagai perwakilan Samsurizal.

Sementara, pihak kuasa hukum Samsurizal Tombolotutu, Ariestal menyatakan transferan sejumlah dana dari Hantje Yohanis kepada beberapa orang itu yang juga menjadi turut tergugat hanya bersifat sumbangan belaka.

Baca juga: Miliaran Uang Hantje Dipinjamkan Atau Kepentingan Barter Proyek di Parigi Moutong?

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Komentar