Siaga Level III, Gunung Awu Masih Dalam Fase Krisis Seismik

waktu baca 2 menit
Gunung Awu (Foto Istimewa)

Berita Sulawesi Utara, gemasulawesi – Siaga level III, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebutkan Gunung Awu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, masih dalam fase krisis seismik.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Gunung Api PVMBG Oktory Prambada melalui aplikasi percakapan dari Manado, Kamis 14 Juli 2022.

“Hal ini terkait dengan pelepasan tekanan dari dapur magma berupa gempa permukaan yang intens,” ucap Oktory Prambada Koordinator Gunung Api PVMBG, via aplikasi percakapan dari Manado, Kamis 14 Juli 2022.

Namun, menurutnya, tekanan tersebut tidak cukup kuat untuk memicu erupsi karena massa kubah lava lebih besar dari tekanan itu sendiri, untuk aktivitas masih sama yakni siaga level III.

Baca: Kedapatan Bawa Sabu, Oknum ASN Gorontalo Ditangkap Polisi

Tercatat aktivitas vulkanik gunung dengan ketinggian 1.320 di yaitu gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 15 milimeter selama 12 detik enam gempa vulkanik dalam dengan amplitudo empat hingga 69 milimeter, S-P 0,5 hingga dua detik untuk empat sampai 17 detik.

Ia berharap masyarakat atau pengunjung/wisatawan tidak mendekati dan melakukan aktivitas dalam radius 3,5 km dari kawah puncak Gunung Awu.

Masyarakat juga diharapkan tetap tenang, tidak terpancing dengan rumor aktivitas yang tidak jelas di Gunung Awu, dan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Rekomendasi berikut, pemerintah kota dan pemerintah daerah serta otoritas terkait lainnya dapat memantau perkembangan tingkat aktivitas dan rekomendasi Gunung Awu setiap saat melalui Aplikasi MAGMA Indonesia. (*/Ikh)

Baca: Rapat Pleno Calon Pelaksana Sekolah Penggerak Parigi Moutong

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.