Selasa, April 13, 2021
BerandaSulawesi TengahAktivitas Sesar Lokal Picu Gempa Bahodopi Sulteng

Aktivitas Sesar Lokal Picu Gempa Bahodopi Sulteng

- Advertisement -spot_img

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– BMKG menyebut sesar lokal yang kembali aktif, picu gempa yang terjadi di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Provinsi Sulteng.

Rilis BMKG 4 Januari 2021, tercatat empat kali gempa guncang Bahodopi Sulteng akibat aktivitas sesar lokal.

Berikut info gempa Bahodopi Sulteng yang dirasakan:

Baca juga: Moment HUT RI 75, Polsek Bahodopi Sulteng Musnahkan

  • Gempa magnitudo 3,6 pada pukul 04:32:13 WITA, Lokasi: 2.71 LS – 122.06 BT [Teluk Tolo, 21 km arah tenggara Bungku Kabupaten Morowali], Kedalaman: 28 km, dirasakan II-III MMI di Bungku Tengah.
  • Gempa Magnitudo 3,4 pada 05:05:07 WITA, Lokasi: 2.81 LS – 122.18 BT [Teluk Tolo, 7 km arah timur Bahodopi Kabupaten Morowali, Kedalaman: 7 km.
  • Gempa Magnitudo 4,7 pada pukul 05:53:35 WITA, Lokasi: 2.79 LS – 122.21 BT [Teluk Tolo, 9 km arah timur Bahodopi Kabupaten Morowali, Kedalaman: 10 km.
  • Gempa Magnitudo 3,2 pada pukul 06:15:36 WITA, Lokasi: 2.74 LS – 122.04 BT [darat, 11 km arah baratlaut Bahodopi Kabupaten Morowali, Kedalaman: 29 km.

Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho, SE, S.Si melalui siaran pers resmi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Tampak gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan warga, gempa bumi ini dirasakan III MMI di Bungku dan Malili. Namun, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, dari laporan warga diketahui sejumlah sarana dan prasarana dalam lingkup PT IMIP rusak. Tapi, belum ada informasi resmi dari PT IMIP terkait hal ini.

Dari pantauan terlihat sejumlah bangunan dalam kompleks PT IMIP retak, bahkan roboh.

Baca juga: Sesar Palu Koro Aktif, Gempa M 3,7 Guncang Sigi Sulteng

29 Segmen Sesar Aktif di Sulteng

Diketahui, BMKG Kelas 1 Palu telah mencatat sebanyak 29 segmen sesar aktif yang berada di Sulteng melalui pemetaan yang dilakukan Tim Pusat Gempa Nasional.

BMKG mengungkapkan, pemetaan yang dilakukan Tim Pusat Gempa Nasional di Sulteng tercatat sebanyak 29 segmen sesar aktif.

Sesar gempa yang sering aktif dalam satu tahun terakhir di wilayah Sulteng yakni sesar Palu Koro, Sesar Sausu, Sesar Palolo Graben, sesar Poso, sesar Tolitoli, sesar Buol dan sesar Matano.

Selain itu, ada satu sesar gempa Sulteng yang berada di wilayah Banggai Laut yaitu sesar Peleng yang aktif dan menyebabkan gempa bermagnitudo 6.9 skala richter terjadi beberapa waktu lalu.

BMKG juga sudah memasang jejaring sensor yang cukup rapat untuk menganalisa potensi gempa dan penanganannya.

Untuk Pulau Sulawesi, Tim Pusat Gempa Nasional mencatat sebanyak 48 sesar aktif dari hasil pemetaan yang dilakukan.

Baca juga: Rentang Satu Jam, Dua Gempa Guncang Sulteng

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img